makanan-khas-makassar-wajib-coba

5 Makanan Khas Makassar yang Dijamin Enak dan Wajib Coba!

InfoKekinian.net – Makassar merupakan salah satu kota besar yang berada di Indonesia bagian timur, dan juga merupakan ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar juga memiliki banyak tempat wisata pilihan yang bisa Anda kunjungi. Di kota ini, Anda juga bisa menemukan beragam makanan khas Makassar yang nikmat.

Punya rencana mengunjungi Kota Makassar suatu hari? Catat 5 rekomendasi makanan khas Makassar berikut ini agar perjalanan Anda ke kota tersebut semakin lengkap dan tak terlupakan!

1. Es Palu Butung

Makanan atau minuman khas Makassar yang pertama adalah Es Palu Butung. Jika Anda penyuka es campur, Anda bisa mencoba Es Palu Butung ini. Selain rasanya yang manis, minuman ini juga memberikan sensasi yang menyegarkan dimana sangat cocok dinikmati saat cuaca panas sehingga akan membuat Anda menjadi segar kembali.

Es Palu Butung ini terdiri dari bubur sumsum, potongan pisang manis, ditambah dengan susu kental manis, sirup merah dan es serut. Untuk bisa menikmati semangkuk es campur yang menyegarkan ini, Anda bisa mengunjungi RM Bravo yang berada di Jalan Sultan Alauddin Nomor 27, Mangasa, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  

2. Mie Titi

Mie Titi ini merupakan makanan khas Tionghoa yang ada di Makassar. Selain rasanya yang enak dan gurih, perpaduan “lauk” di makanan ini juga sangat banyak, mulai dari seafood, daging hingga sayuran. Apabila ingin coba menikmati makanan khas Makassar yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Mie Titi Pankukkang yang berlokasi di Jl Boulevard No. 25, Masale, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tempat makan ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00-02.00 WITA. Harganya pun sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 15 ribu untuk satu porsi besar.  

3. Gogoso

Makanan khas Makassar selanjutnya adalah Gogoso. Gogoso merupakan camilan yang terbuat dari beras ketan yang dibakar dalam daun pisang. Makanan yang satu ini hanya ada di waktu lebaran saja. Gogoso juga biasanya dihidangkan bersama telur asin. Untuk bisa menikmati makanan ini, Anda bisa mendapatkannya di MAMA Toko Kie dan Es Krim yang berlokasi di Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Baca juga: Kumpulan Informasi Terbaru Seputar Traveling dari Popbela!

4. Juku Pallu Ce’la

Nama makanan khas Makassar yang satu ini terdengar unik sekali bukan? Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan cakalang atau yang dikenal dengan ikan layang. Proses pembuatan makanan yang satu ini sangatlah sederhana, yakni dengan menggunakan kunyit dan garam.

Nah, bagi Anda yang ingin coba menikmati makanan yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Rumah Makan Seafood Apong yang berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro No. 95, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Harganya juga cukup murah, yakni mulai dari Rp 15 ribu per porsi dan tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00 WITA.

5. Bebek Palekko

Rekomendasi makanan khas Kota Makassar yang terakhir adalah Bebek Palekko. Bagi Anda para pecinta daging bebek, makanan yang satu ini dijamin cocok di lidah Anda! Makanan ini berupa sajian khas Bugis yang terbuat dari daging bebek cincang.

Salah satu rumah makan yang menyediakan Bebek Palekko terbaik adalah Rumah Makan Palekko Makassar. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Tamalanrea Raya BTP Blok C No 27 A, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00-22 WITA dengan harga seporsinya mulai dari Rp 40 ribu untuk bebek kecil (setengah ekor) dan Rp 55 ribu untuk bebek ukuran besar (utuh satu ekor).

Bagaimana, menarik sekali bukan rekomendasi tempat makanan di Kota Makassar yang kami sediakan? Penting bagi Anda untuk mencatat nama-nama makanan khas Makassar di atas beserta dengan tempat makan yang menyediakannya agar kunjungan Anda ke Tanah Toraja tersebut terasa semakin lengkap.

Baca juga: Beberapa Tempat Wisata di Bangkok yang Wajib Kamu Kunjungi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *