Resep-Kue-Basah-Tradisional-Hunkwe-Pandan-Pisang-1

Resep Kue Basah Tradisional Hunkwe Pandan Pisang

infokekinian.net – Indonesia memiliki banyak sekali menu dan hidangan kuliner khas, tidak kecuali jajanan tradisional di dalamnya. Ada cukup banyak jajanan tradisional yang ternyata bisa Anda coba untuk membuatnya sendiri di rumah. Beberapa diantaranya berbahan dasar pisang, sehingga mudah untuk membeli bahan-bahan lainnya. 

Salah satu jajanan tradisional yang menggunakan pisang sebagai bahan utama adalah Hunkwe Pandan Pisang. Jajanan ini memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Rasanya manis dari gula dan pisang membuat Anda akan berminat untuk mencicipinya. Cara membuat olahan ini ternyata tidak terlalu rumit loh.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat kue basah Hunkwe Pandan Pisang:

1. Menyiapkan Hunkwe Putih dan Pandan 

Ada dua jenis hunkwe yang perlu Anda siapkan, yakni hunkwe putih dan hunkwe pandan. Resep untuk hunkwe putih adalah : 

  • ½ sendok teh vanili
  • 100 gram gula pasir atau bisa disesuaikan dengan selera 
  • 350 cc santan, agar lebih praktis bisa menggunakan santan kemasan 
  • ½ sendok teh agar-agar tanpa rasa 
  • 45 gram tepung hunkwe

Sedangkan untuk hunkwe pandan resepnya adalah:

  • ½ sendok teh agar-agar tanpa rasa 
  • 45 gram tepung hunkwe 
  • 100 gula pasir atau bisa disesuaikan dengan selera 
  • 350 cc santan hijau, Anda bisa membuatkan dengan mencampurkan daun pandan dan santan
  • Sedikit garam sebagai penambah rasa 

2. Menyiapkan pisang dan cetakan 

Untuk bisa melengkapi jajanan ini, Anda memerlukan pisang kepok yang sudah direbus atau dikukus. Setelah itu, potong –potong pisan hingga berbentuk bulat koin. Agar hunkwe yang Anda masak bisa memiliki bentuk indah, Anda perlu menyiapkan cetakan. Anda bisa mengatur ukuran cetakan dan bentuknya sesuai dengan selera.  Biasanya, orang akan menggunakan cetakan yang bermotif seperti bunga agar hasil akhirnya bisa lebih indah dari segi penampilan. Pilihlah ukuran yang sekiranya cukup untuk pisang dan dua jenis hukwe nantinya. 

Baca juga : RESEP KUE BASAH KEKINIAN ONDE-ONDE

3. Memasak hunkwe putih dan hunkwe pandan 

Setelah semua bahan tersedia, Anda bisa mulai untuk memasak hunkwe putih dan pandan ini. Masaklah hunkwe putih dan pandan secara terpisah. Caranya adalah dengan mencampurkan semua bahan dan aduk dengan rata. Saat memasaknya, gunakan api kecil atau api sedang saja agar bisa masak hingga merata. Bila sudah mendidih atau meletup-letup, Anda bisa mematikannya. Cara untuk memasak dua jenis hunkwe ini sama saja, Anda hanya perlu memisahkan keduanya saat sedang dimasak. 

4. Penyelesaian hunkwe 

Langkah yang selanjutnya setelah Anda memasak hunkwe adalah menyelesaikannya. Siapkan  cetakan, pisang dan hunkwe yang sudah dimasak. Caranya cukup mudah. Anda perlu membagi dua sisi cetakan, satu untuk hunkwe berwarna putih dan satu untuk hunkwe berwarna hijau. Sebelum meletakkan hunkwenya, posisikan terlebih dahulu pisang di bagian tengahnya. Anda bisa memilih akan memberikan tumpukan pisang atau hanya satu pisang saja sebagai pemanis.  Lakukan langkah ini sampai adonan hunkwe dan pisang habis. Anda perlu membiarkannya terlebih dahulu sebelum memakannya. Letakkan jajanan ini di dalam kulkas untuk bisa didinginkan. Bila Anda ingin memakannya, makanlah saat masih dingin sehingga rasanya akan sangat lezat dan luar biasa. 

Sangat mudah bukan proses pembuatan kue basah hunkwe? Anda bisa mendapatkan bahan-bahan untuk membuat jajanan ini dengan mudah di pasar. Bila Anda tidak sibuk, Anda juga bisa menjadikan keahlian memasak hunkwe ini sebagai sebuah bisnis. Apabila langsung membuat dalam jumlah besar, berhati-hatilah saat memasaknya. Pastikan semua bagian hunkwe sudah masak sempurna dan tercampur rata. 

Baca juga : 5 Resep Kue Basah Praktis Lumpia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *