cara-bayar-pajak-motor

Berikut Ini Adalah Cara Bayar Pajak Motor Via SMS

Infokekinian.net – Membayar pajak adalah salah satu kewajiban dari warga negara Indonesia. Ada banyak sekali pajak, misalnya saja pajak kendaraan bermotor. Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, maka Anda harus membayar pajak. Pajak ini bisa dibayarkan langsung ke kantor samsat.

Tetapi kalau Anda terlalu sibuk dan tidak sempat membayar, maka jangan khawatir. Mulai beberapa waktu yang lalu, samsat memberikan kemudahan bagi Anda untuk membayar via SMS.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah dan cara bayar pajak motor yang harus Anda lakukan:

1. Mengirim pesan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan apabila ingin membayar pajak kendaraan bermotor melalui SMS adalah mengirim pesan. Nomor yang dituju untuk SMS ini adalah 08112119211.

Kirimlah SMS kepada nomor tersebut dengan format yang sudah ditentukan. Formatnya adalah esamsat (nomor kendaraan) (no KTP) (email).

Ketiklah SMS sesuai dengan format yang sudah ditentukan. Jangan sampai salah, karena bisa jadi permintaan pembayaran Via SMS Anda tidak akan disertujui.

2. Melakukan pengecekan identitas

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengecekan identitas. Identitas yang akan dicek adalah NIK dan KTP.

Setelah kedua identitas tersebut benar dan aman, nama Anda akan dicari di pencurian kendaraan bermotor atau curanmor.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa motor atau kendaraan yang Anda bayarkan pajaknya ini benar-benar milik Anda dan bukan hasil curian.

Selain itu, nama Anda juga akan di cek di daftar blokir server milik polisi daerah atau POLDA. Apabila sudah diperiksa secara keseluruhan dan tidak ditemukan keanehan, maka Anda bisa melanjutkan ke step berikutnya.

Baca juga: Beberapa Tempat Wisata Di Bangkok Yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Menunggu balasan SMS

Yang perlu Anda lakukan setelah memeriksa data adalah menunggu balasan SMS. Balasan ini hanya akan diberikan kepada orang yang lulus cek identitas.

Dalam balasan SMS tersebut, Anda akan mengetahui beberapa hal. Yang pertama adalah kode bayar, selanjutnya data kendaraan dan yang terakhir adalah jumlah tagihan.

Apabila sudah mengetahui berapa nominal yang harus Anda bayarkan, Anda bisa membayar tagihan.

4. Membayar tagihan

Proses inilah yang mungkin membutuhkan ketelitian tinggi dan waktu yang cukup lama. Anda bisa membayar pajak sesuai dengan nominal yang tertera dalam SMS. Pembayaran bisa melalui ATM terdekat.

Anda harus memeriksa dengan teliti nominal yang perlu dibayarkan, tujuannya adalah agar tidak sampai mengalami uang hangus.

Apabila ada kode unik maupun yang lainnya, perhatikan dan masukkan dengan seksama. Memeriksa beberapa kali tentu bisa menjadi tindakan preventif.

5. Mendapatkan konfirmasi

Setelah Anda membayar sesuai dengan nominal tertera di SMS, Anda akan mendapatkan konfirmasi. Jika lama tidak mendapatkan konfirmasi, Anda bisa memeriksa kembali struk untuk memastikan apakah ada angka yang salah pencet atau yang lainnya.

Jika sudah merasa benar dan tidak kunjung mendapatkan konfirmasi, maka Anda harus bersabar untuk menunggunya.

6. Menukar struk

Apabila selesai dengan SMS konfirmasi, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke kantor samsat. Tujuan Anda pergi ke kantor samsat tersebut adalah untuk menukar struk bukti pembayaran yang sudah Anda lakukan dengan SKPD.

Apa itu SKPD? SKPD adalah Surat Ketetapan Pajak Daerah. Surat inilah yang nanti bisa menjadi bukti bahwa Anda sudah membayar pajak kendaraan bermotor milik Anda.

Itu dia langkah-langkah yang harus Anda ikuti. Anda bisa menuju ke website samsat langsung untuk info lebih jelasnya.

Baca juga: Tips Menata Desain Rumah Minimalis, Agar Nyaman dan Elegan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *