Tips-Perawatan-Wajah-Yang-Tepat-Bagi-Para-Pria

Tips Perawatan Wajah yang Tepat Bagi Para Pria

Infokekinian.net – Tak hanya wanita yang ingin tampil cantik dengan kulit wajah yang cerah dan sehat, pria juga menginginkan tampilan yang lebih glamour. Tak heran jika banyak sekali produk perawatan wajah untuk pria yang beredar di pasaran saat ini. Tapi hati-hati, perawatan yang tidak tepat bisa menyebabkan masalah kulit. Perawatan wajah pria dan wanita berbeda. Wanita umumnya sering menggunakan kosmetik, jadi perawatannya lebih banyak dan harus diikuti dengan hati-hati. Perbedaan lainnya antara wajah pria dan wanita adalah pori-pori wajah pria lebih besar daripada pori-pori wajah wanita. Hal itu menyebabkan risiko kulit berjerawat Anda mungkin lebih besar. Berikut tips perawatan wajah yang tepat: 

Langkah Merawat Wajah Yang Bisa Diterapkan oleh Para Pria

1. Ketahui Jenis Kulit Wajah Anda

Sebelum memilih produk perawatan kulit, Anda harus mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu. Dengan memahami jenis kulit, perawatan wajah untuk pria akan lebih mudah, terutama dalam memilih produk yang tepat.

2. Membersihkan Wajah

Dibandingkan dengan wanita, pria melakukan aktivitas luar ruangan yang tak terhitung jumlahnya, yang membuat kulit wajah mereka lebih rentan terhadap kotoran. Untuk itulah, salah satu perawatan wajah terpenting bagi pria adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah.

3. Gunakan Toner

Tak hanya wanita yang membutuhkan toner, pria pun membutuhkannya. Toner ini digunakan setelah mencuci wajah untuk mengembalikan pH kulit dan menghilangkan sisa kotoran di wajah.

4. Exfoliating

Perawatan wajah pria selanjutnya adalah exfoliating di rumah atau di salon kecantikan. Eksfoliating, baik dalam bentuk peeling maupun kimiawi (chemical peels), bisa menjadi salah satu cara merawat wajah pria agar tidak kusam karena dapat mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Baca Juga : 4 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Ampuh

5. Proteksi UV

Bagi Anda pria yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam di bawah sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah Anda (minimal SPF 30).

Filter matahari mencegah kerusakan kolagen dari sinar matahari dan pembentukan noda. Selain menggunakan tabir surya, gunakan juga topi sebagai pelindung agar tidak menghabiskan waktu terlalu lama di bawah sinar matahari langsung.

6. Gunakan Pelembab

Gunakan krim pelembab secara teratur. Dengan melembabkan kulit wajah dengan pelembab, kulit tampak sehat, mencegah penuaan dini dan pembentukan kerutan serta produksi sebum yang berlebih. Jika ada kerutan di dahi atau sudut mata, krim khusus anti aging wajib digunakan.

7. Gunakan Pisau Cukur yang Tepat

Yang tidak banyak diketahui adalah bahwa metode perawatan wajah pria juga bergantung pada pilihan pisau cukur. Pilih pisau cukur yang tajam agar rambut Anda lebih mudah dicuci. Pencukuran lebih dekat untuk penampilan yang lebih sehat.

Selain itu, jangan abaikan penggunaan krim aftershave. Krim ini melembabkan dan menenangkan kulit, melindunginya dari iritasi.

8. Perhatikan Label Skin Care

Penting juga untuk memperhatikan bahan-bahan dalam produk perawatan kulit Anda. Ini berguna untuk menghindari kerusakan wajah seperti noda, iritasi, dan infeksi.

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, carilah produk pembersih dan pelembab yang berlabel “oil-free” atau “non-comedogenic” karena tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan produk lembut yang bertuliskan “bebas pewangi” karena produk bebas pewangi dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Selain tips perawatan wajah untuk mendandani wajah pria yang dijelaskan di atas, penting juga untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam ke luar. Cara mudahnya adalah makan makanan sehat, perbanyak asupan air, sayur dan buah, serta hindari merokok.

Baca juga: Rekomendasi Facial Wash dengan pH Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *