Akibat Kurang Air Putih

3 Hal Menjijikkan Ini Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kurang Minum Air Putih

Cara termudah untuk sehat, awet muda, dan senantiasa berenergi adalah dengan minum air putih. Ya, air putih adalah salah satu hal tersehat di dunia yang bisa didapatkan dengan sangat mudah. Banyak penyakit mematikan yang bisa disembuhkan dan dicegah hanya dengan air putih. Makanya, rugi sekali orang yang jarang minum air putih. Dan kabarnya, ada juga orang yang tidak suka dengana rasa hambar air putih sehingga memilih minum teh, kopi, atau jus.

Padahal cairan lainnya tidak bisa menggantikan air putih. Di dalam teh, kopi, atau jus, sudah terkandung gula yang malah membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Apalagi kalau yang Anda konsumsi merupakan minuman dalam kemasan, akan lebih berbahaya lagi bagi kesehatan karena kandungan bahan pengawet yang ada di dalamnya.

Selain itu, kekurangan minum air putih juga bisa memberikan efek yang menjijikkan untuk tubuh. Tak percaya? Yuk, simak informasinya berikut ini:

1. Bau mulut

Ih, malas sekali ya, berdekatan dengan orang yang mulutnya berbau tidak sedap! Bau mulut umumnya terjadi karena adanya masalah pada daerah oral misalnya saja gigi berlubang atau gusi yang infeksi. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan hal lain seperti terlalu banyak merokok atau sering mengonsumsi makanan dengan bau menyengat seperti bawang.

Tapi selain itu, jarang minum air putih ternyata juga bisa membuat mulut berbau tidak sedap. Hal ini karena adanya bakteri yang bersarang di lidah dan area mulut sehingga menimbulkan aroma tidak menyenangkan. Bakteri ini bisa berkurang atau menghilang jika ada cukup cairan di dalam tubuh. Dengan adanya cukup cairan, tubuh akan memproduksi ludah yang bisa menggelontor bakteri berbau. Jadi bisa bayangkan sendiri kan, kalau mulut kering karena kurang cairan?

2. Air seni berwarna kuning pekat

Air seni yang sehat memiliki warna kuning sangat pucat atau bahkan bening, dengan aroma yang hampir tidak ada. Jadi kalau misalnya kencing Anda berwarna kuning pekat dan berbau menyengat, itu menjadi salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Warna kuning yang ada di dalam urine disebabkan oleh sebuah zat yang bernama urochrome. Zat ini menjadi penanda tingkat hidrasi di dalam tubuh. Semakin bain hidrasi yang terjadi, maka urochrome pun akan menghilang. Dan sebaliknya, jika terjadi dehidrasi di dalam tubuh, maka urochrome akan bertambah.

3. Mata kering

Mata yang kering ternyata juga sangat berhubungan dengan konsumsi air putih. Ketika Anda cukup minum air putih, tubuh akan terhidrasi dengan baik dan cairan dikirimkan ke orang yang perlu ‘dibasahi’ termasuk mata. Tapi kalau Anda kurang minum air putih, maka cairan hanya akan dikirim ke organ yang sangat vital saja, sedangkan organ lain bisa menjadi kering. Maka dari itu, kalau Anda sering mengalami mata kering dan bengkak, cek lagi seberapa banyak konsumsi air putih Anda per hari.

Kalau bisa mencegah berbagai penyakit hanya dengan air putih yang murah dan mudah didapat, kenapa masih menundanya?

1 comment on “3 Hal Menjijikkan Ini Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kurang Minum Air Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *