darah tinggi

4 Faktor yang Memicu Resiko Penyakit Darah Tinggi

Siapa sih orang di dunia ini yang tidak ingin dalam kondisi sehat? Ya, tentu saja kita semua pasti ingin selalu dalam keadaan sehat. Terlepas dari hal itu, mungkin kita pernah mendengar sebuah istilah “hipertensi”. Hipertensi ini merupakan sebuah penyakit, dimana kadar darah dalam tubuh telah berada diatas normal. Kadar darah yang normal dalam tubuh itu berkisar 80 – 120 mmHG.

Jika melebihi angka tersebut, bisa dipastikan bahwa tekanan darah anda tinggi. Itu sebabnya, mengapa penyakit hipertensi ini lebih terkenal dengan nama penyakit darah tinggi. Biasanya penyakit darah tinggi akan ditandai dengan beberapa gejala seperti sering sakit kepala, leher belakang terasa berat, dan lain sebagainya. Lantas, apa yang menjadi pemicunya? Nah, biar kalian tidak penasaran, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Kebiasaan Merokok Sejak Dini

Sejak kapan anda mulai merokok? Berdasarkan dari hasil penelitian, para perokok aktif itu lebih beresiko terkena penyakit darah tinggi ketimbang orang yang tidak merokok lho. Pasalnya, racun yang terkandung pada asap rokok dapat membuat darah menjadi kotor. Padahal, darah ini merupakan sarana pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, zat nikotin pada rokok juga dapat mempengaruhi pada pergeseran pembuluh darah. Alhasil, darah yang sudah terkontaminasi zat nikotin ini akan menghambat kinerja jantung saat hendak memompa darah, sehingga jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi.

darah tinggi

  1. Faktor Genetika Atau Keturunan

Apakah orangtua anda pernah mengalami penyakit darah tinggi? Jika iya, maka kemungkinan juga bahwa anda akan mengalaminya. Hal itu juga dibenarkan oleh para peneliti, yang menyebutkan bahwa anak-anak dari keluarga dengan riwayat hipertensi lebih beresiko. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena hal itu bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

  1. Obesitas Atau Gemuk Berlebih

Sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga pola makan yang sehat. Pasalnya, kelebihan berat badan alias obesitas ini juga merupakan salah satu faktor yang dapat memicu penyakit darah tinggi lho. Masalah obesitas ini akan mempengaruhi system renin angiotensin aldosterone, yang merupakan pengontrol volume darah. Tentunya kondisi obesitas dapat merusak system tersebut, sehingga darah yang keluar semakin tidak terkontrol.

  1. Mengonsumsi Makanan-makanan Gurih Secara Berlebihan

Faktor berikutnya yang bisa memicu penyakit darah tinggi, yakni karena mengonsumsi makanan-makanan gurih secara berlebihan. Kadar garam akan terjadi pengendapan pada pembuluh darah, sehingga dinding pembuluh darah menjadi tebal dan terjadi penyumbatan.

Itulah beberapa faktor yang bisa memicu penyakit darah tinggi. Dengan mengetahuinya, tentu saja anda wajib menghindari kebiasaan-kebiasaan diatas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *