Tips Agar Anda Bisa Mempertahankan Rasa Kenyang

5 Tips Agar Anda Bisa Mempertahankan Rasa Kenyang

Banyak orang merasa cepat lapar, sehingga membuat banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Kondisi seperti itu sangat berbahaya bagi Anda karena akan memperbesar risiko obesitas. Berikut tips agar Anda bisa mempertahankan rasa kenyang Anda.

1. Rasa bosa membuat orang merasa lapar, maka hilangkan rasa bosan itu

Ketika seorang merasa bosan, banyak hal yang kemudian dalam imajinasi kita, salah satunya adalah mengenai makanan. Sehingga merasa bosan juga dapat membuat Anda sering merasa lapar.
Peneliti yang dilakukan di Australia menemukan bayangan visual dapat membantu menahan nafsu makan. Untuk menguji diri kita, coba bayangkan satu porsi besar steak yang siap kita santap. Jika kita benar-benar lapar, steak akan tampak menarik.

Tetapi jika itu tidak menggoda, kemungkinan kita hanya merasa bosan dan butuh selingan, bukan makanan. Jadi, saat perut merasa lapar, cobalah mengalihkannya dengan kegiatan membunuh rasa bosan itu, seperti main game.

2. Jangan konsumsi sereal cepat saji

Sereal cepat saji juga bisa membuat Anda sering merasa lapar. Jika Anda masih merasa lapar setelah mengonsumsi semangkuk sereal untuk sarapan atau camilan larut malam, cobalah ganti dengan mengonsumsi havermut. Berdasarkan riset dari Louisiana State University, mengonsumsi oatmeal membuat kita merasa kenyang lebih lama dibandingkan mereka yang mengonsumsi sereal siap saji.

Hal ini terbukti setelah periset meneliti 46 orang dewasa yang mengonsumsi 363 kalori oatmeal. Menurut peneliti, peningkatan rasa kenyang bisa dikaitkan dengan viskositas oatmeal. Serat pada oat lebih mudah larut daripada sereal pada umumnya

3. Minumlah kopi

Kopi juga sangat efektif untuk menangkal rasa lapar. Di dalam kopi mengandung polifenol, yaitu sebuah senyawa yang akan meningkatkan denyut jantung Anda. Ketika hal itu terjadi, Anda akan merasakan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Dengan mengkonsumsi kopi juga sangat baik bagi pencernaan Anda. Bahkan dalam sebuah penelitian mengkonsumsi kopi secara rutin, bisa membuat Anda akan mendapatkan metablisme yang baik.

4. Minumlah teh hitam

Layaknya kopi, Anda juga bisa merasa tetap merasa kenyang dengan minum teh hitam. Teh hitam juga mengandung polfenol yang bisa mencegah adanya rasa lapar yang menyerang. Kesegaran yang ditimbulkan dari efek teh hitam ini membuat Anda akan semakin bersemangat dalam melakukan aktifitas. Sehingga rasa lapar Anda juga akan tertutupi setelah mengkonsumsi teh hitam tersebut.

5. Munumlah air dengan cukup

Anda juga bisa mengurangi rasa lapar Anda dengan minum air yang cukup. Tubuh yang terdehidrasi membuat beberapa sensor di dalam tubuh aktif. Salah satunya adalah sensor rasa lapar yang tertanam di dalam tubuh secara alami. Dengan mengkonsumsi air putih dengan cukup, Anda akan bisa mempertahankan rasa kenyang Anda. Sekaligus air putih tersebut bisa memperbaiki metabolisme yang ada di dalam tubuh Anda.

Lapar menjadi sebuah naluri seseorang. Namun, ketika seseorang terlalu banyak merasa lapar dan ingin makan berkali-kali tentunya juga akan mengganggu sistem pencernaan Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak mempunyai rasa lapar juga akan berbahaya bagi tubuh Anda. Karena tubuh sangat membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja dengan baik.

Dengan nutrisi yang lengkap maka akan membuat tubuh Anda akan semakin sehat dan bugar. Anda juga tidak akan mendapatkan gejala-gejala obesitas karena terlalu banyak makan. Atau gejala sebaliknya dari obesitas yang menyebabkan tubuh Anda terlalu kurus dan tidak terbentuk dengan ideal.

1 comment on “5 Tips Agar Anda Bisa Mempertahankan Rasa Kenyang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *