Cara Cepat Atasi Diare

Cara Cepat Atasi Diare Saat Kondisi Darurat

Diare memang termasuk salah satu penyakit yang sangat merepotkan. Selain membuat perut terasa tak nyaman, tubuh pun sangat lemas sehingga susah digunakan beraktivitas. Belum lagi kalau Anda ada hal penting seperti meeting, tentu tidak bisa fokus mengikutinya karena harus berkali-kali ke kamar mandi. Cara terbaik untuk mengatasi diare memang dengan ke dokter, minum obat, kemudian beristirahat hingga sembuh. Tapi jika Anda butuh booster untuk membuat kondisi lebih baik dalam waktu sekejap, beberapa cara ini mungkin bisa dicoba:

1. Konsumsi makanan berfermentasi

Saat diare, orang cenderung menghindari makanan yang asam. Padahal tidak semua makanan asam berbahaya untuk lambung, malah ada beberapa yang bisa membantu mempercepat penyembuhan diare misalnya saja makanan berfermentasi. Kimchi atau minuman prebiotik dalam kemasan bisa Anda konsumsi saat sedang diarea. Kandungan bakteri baik yang ada di dalam makanan dan minuman fermentasi akan bisa melawan bakteri jahat penyebab diare. Meski demikian, tetap ingat untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum mengonsumsi sesuatu yang asam.

2. Minum teh chamomile

Ketika perut bergejolak dan selalu ingin menumpahkan isianya, cobalah untuk mengonsumsi teh chamomile. Teh chamomile hangat akan membuat perut terasa lebih tenang karena di dalamnya ada kandungan serat tinggi yang membantu mengatasi diare. Selain itu, di dalam teh chamimole juga terdapat vitamin B yang akan membantu memulihkan pencernaan dengan cepat. Untuk Anda yang tidak suka rasa tawar dari teh chamomile, bisa mencampurkannya dengan sedikit madu. Selain sebagai pemanis, madu juga menjadi penambah energi saat tubuh terlalu lemas karena banyak membuang cairan.

3. Minum banyak air putih

Saat sedang diare, penting sekali memastikan kalau tubuh Anda dalam keadaan terhidrasi. Selain banyak minum air putih, black tea yang diberi sedikit gula atau madu bisa merehidrasi tubuh dan membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi di dalam pencernaan. Kal;au Anda membiarkan tubuh dalam kondisi kurang cairan, bisa jadi malah akan merasa pusing atau bahkan pingsan. Cairan oralit juga bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi saat sedang diare.

4. Santap pisang, nasi, apel, dan roti bakar

Di dunia Barat, dikenal salah satu obat diare terampuh yang disebut dengan BRAT, yaitu banan, rice, apple, and toast. Ya, mengonsumsi pisang, nasi, apel, dan juga roti bakar saat diare akan membuat perut lebih tenang. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga memiliki kandungan yang akan menjadikan feses lebih padat. Hanya saja, pastikan Anda mengonsumsi makanan-makanan tersebut tanpa disertai dengan hal yang bisa memperparah diare seperti sesuatu yang pedas atau berminyak.

Saat terkena diare, pastikan pula Anda minum obat secara teratur sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Kalau diare tidak berhenti lebih dari 3 hari, apalagi dengan jumlah buang air besar sangat banyak setiap harinya, maka Anda perlu segera menemui dokter. Bisa jadi diare tersebut disebabkan intoleransi terhadap makanan tertentu yang Anda konsumsi, seperti susu. Banyak juga intoleransi susu sapi yang baru muncul saat seseorang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *