Penyebab Rambut Menjadi Rontok Dan Tidak Sehat

Ini Dia Beberapa Penyebab Rambut Menjadi Rontok Dan Tidak Sehat

Memiliki rambut yang sehat dan juga cantik adalah menjadi dambaan setiap orang. Memiliki rambut yang hitam, lebat, dan juga subur, pastinya akan sangat didambakan oleh pria atau juga wanita. Terlebih untuk seorang wanita rambut adalah mahkota yang merupakan salah satu indikator kecantikannya.

Tetapi tidak semua wanita memiliki rambut yang sehat dan cantik sehingga akan membuat penampilan seorang wanita itu menjadi kurang menarik. Penampilan rambut yang kurang menarik ini akan membuat wanita merasa tidak percaya diri.

Wanita yang memiliki rambut tidak sehat dan tidak cantik ini misalnya rambut rontok, maka ingin agar rambutnya itu tumbuh subur. Tetapi sebelum mencari tahu cara menyuburkan rambut maka alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Berikut beberapa penyebab rambut menjadi rontok dan tidak sehat diantaranya yaitu :

1. Penggunaan Alat Penata Rambut

Rambut akan rusak karena penggunaan alat penata rambut terutama yang memiliki suhu panas yang cukup tinggi, terlebih jika alat itu digunakan secara berlebihan. Jika alat ini digunakan setiap hari maka akan menyebabkan rambut rusak, mati, dan bahkan rontok.

2. Berenang

Untuk menjaga tubuh tetap sehat memang sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga tetapi untuk olahraga berenang justru akan dapat merusak rambut. Terlebih jika berenangnya itu dikolam yang airnya itu diberi tawas atau zat kimia yang dapat menjernihkan air sehingga air akan jarang diganti. Jika ingin berenang maka sebaiknya menggunakan alat khusus untuk menutup rambut.

3. Mengucir Rambut

Rambut memang akan lebih tertata dan rapi jika dikuncir, tetapi jika kunciran rambut itu diikat dengan sangat kuat maka akan membuat rambut menjadi mudah rusak. Hal ini dikarenakan akan tertariknya akan rambut dan akan terhambatnya distribusi nutrisi dan oksigen untuk rambut.

4. Rambut Digosok Dengan Handuk

Kebiasaan seorang wanita adalah jika setelah keramas itu mengeringkan rambutnya menggunakan handuk dengan cara menggosok gosokkannya. Ini merupakan kebiasaan buruk karena akan dapat membuat rambut menjadi mudah rusak. Sehingga agar rambut tidak mudah rusak maka kebiasaan menggosok kuat rambut dengan handuk harus dikurangi.

5. Penggunaan Air Hangat

Jika terus terusan menggunakan air hangat untuk mencuci rambut maka akan dapat merusak kesehatan rambut. Air panas yang digunakan ini akan membuat minyak alami pada rambut berkurang. Hal inilah yang akan mengakibatkan rambut mudah rontok dan akan menjadi tipis.

6. Penggunaan Obat Obatan

Rambut juga akan rusak oleh penggunaan obat obatan tertentu sehingga akan membuar rambut menjadi rusak dan tidak sehat. misalnya rambut akan menjadi mudah rontok, botak, atau bahkan hingga rambut menjadi kering.

Itulah beberapa penyebab rambut menjadi rontok dan tidak sehat. Selain itu masih ada faktor penyebab lainnya seperti seringnya terkena paparan sinar matahari, terlebih jika paparan sinar matahari ini menyentuh rambut dalam waktu yang lama maka akan membuat kering dan kusamnya rambut. Dan juga rambut akan rusak jika kurang nutrisi misalnya kekurangan protein dan Vitamin B.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *