Kulkas

5 Tips Mengatasi Permasalahan Pada Kulkas 1 Pintu

Saat ini hampir semua orang terutama di perkotaan, memiliki kulkas atau lemari es di rumahnya. Karena memang kulkas ini sangat banyak manfaatnya, salah satunya adalah untuk menyimpan makanan supaya lebih awet dan segar. Seiring dengan perjalanan waktu, karena kulkas sering digunakan akhirnya sering mengalami gangguan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut 5 tips mengatasi permasalahan pada kulkas 1 pintu :

  1. Kerusakan Kulkas Karena Bocor Freon

Perlu anda ketahui bahwa untuk mengatasi kulkas rusak yang diakibatkan kebocoran pada freonnya yaitu : Pertama matikan dahulu kulkas anda, lalu cari sumber bocor freon tersebut, karena biasanya freon pada kulkas tidak akan habis jika tidak ada yang bocor. Kebocoran freon ini biasanya disebabkan oleh kecongkel benda tajam, seperti obeng dan pisau pada saat mau mengambil es batu dan juga ingin membersihkan bunga es yang sudah menumpuk.

Sumber kebocoran pada freon ini bisa dilihat dengan beberapa ciri yaitu berlubang atau sobek kecil, akan timbul tekanan freon/ngosos, atau juga bisa keluar oli pada sekitar lubang tersebut. Setelah diketahui sumber bocornya, langkah berikutnya adalah bersihkan sumber bocor tersebut dari cat evaporator maupun oli hingga terlihat logamnya, kemudian lakukan proses penambalan dengan menggunakan las atau lem, yang penting tambalan tersebut bisa dipastikan kerapatannya, lalu setelah itu lakukan proses pengisian freon yang dimulai dengan blessing/kuras eva-vakum-isi freon. Namun alangkah baiknya jika anda menggunakan jasa servis kulkas yang lebih kredibel untuk mengatasi permasalahan pada kulkas anda tersebut.

Kulkas

  1. Kerusakan Kulkas Yang Disebabkan Kompresor Tidak Nyala

Cara untuk mengatasi kerusakan kulkas yang disebabkan oleh kompresor tidak nyala adalah :  Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan aliran listrik tersebut masuk sampai kompresor kulkas dengan cara menggunakan volmeter maupun taspen. Jika listrik tidak sampai di kompresor sedangkan kabelnya masih utuh tidak ada yang putus atau rusak, maka kemungkinan yang rusak ada pada termostat atau diptc relay. Namun untuk mencegah kerusakkan yang lebih fatal lagi, alangkah baiknya jika anda menggunakan jasa servis kulkas yang lebih profesional di bidangnya sehingga permasalahan kulkas anda bisa langsung tertangani. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan kerusakan pada  kulkas anda akan lebih parah.

  1. Mesin Kulkas Tidak Bekerja

Masalah lainnya yang bisa saja terjadi pada kulkas adalah ketika unit kulkas tidak bekerja sama sekali saat dicolokkan ke sumber listrik, tentunya hal ini sangatlah mengkhawatirkan. Biasanya jika anda tidak bisa  dapat mendengarkan pergerakan motor pada mesin kulkas dan kompresornya, maka anda perlu diadakan perkiraan atau dugaan untuk mengetahui penyebabnya. Untuk itu pertolongan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekkan pada bagian kabel dan memastikan bahwa kabel tersebut berfungsi dengan baik, dan anda juga bisa memilih Ohm Meter di rumah untuk menguji kelayakan fuse. Jika kedua hal itu sudah anda lakukan dan masih tidak ada juga tanda-tanda kehidupan pada kulkas, untuk itu segeralah konsultasikan masalah tersebut pada tenaga jasa profesional sebelum kerusakan semakin lebih parah.

  1. Kulkas Tidak Terasa Dingin

Jika kulkas yang kita gunakan merasa kurang dingin,  biasanya hal tersebut disebabkan karena adanya kerusakan pada kompresor atau kebocoran refrigran yang dikarenakan tidak dapat dialiri oleh listrik secara layak, sehingga merusak bagian kapasitor. Selain itu juga, hal ini tentunya tergantung pada arus listrik yang masuk ke kompresor, kerusakan pada overload dan PTC juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak terasa dingin. Untuk itu solusi untuk menangani hal tersebut adalah dengan menggunakan jasa profesional untuk melakukan pengecekkan terhadap komponen-komponen pada kulkas, yang berhubung kemungkinan penyebab yang disebutkan sebelumnya tergolong sensitif.

  1. Freezer Dingin Tidak Merata

Freezer yang tidak dingin secara merata dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, hal ini kemungkinan terjadi karena ada masalah pada bagian refrigran yang alirannya tersumbat, kompresor rusak, komponen utama kulkas yang kekurangan oli, kondensor yang tidak maksimal dalam membuang panas dari unit kulkas, evaporator yang kotor atau bahkan suhu lingkungan terlalu tinggi yang tidak diimbangi dengan fungsi heater yang baik (atau tidak adanya heater sama sekali). Tentunya dari masalah tersebut anda bisa melakukan pengecekkan pada jalur sirkulasi refrigran yang mengikat komponen ini, yang merupakan salah satu penyokong utama di balik kinerja pada kulkas.

Itulah 5 tips mengatasi permasalah pada kulkas 1 pintu, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *