Bermedia Sosial Dengan Bijak

Anda akan menemukan beragam aktifitas di media sosial yang sangat variatif. Semua itu mempunyai dampak yang bisa saja menjadi positif dan juga tidak sedikit yang bisa berdampak negatif. Hal itu tergantung dari masing-masing individu dalam memanfaatkan media sosial yang siapapun bisa menggunakannya. Salah satunya adalah penyebaran informasi bohong yang bisa menyesatkan banyak orang dan menimbulkan berbagai macam keresahan di masyarakat.

Anda harus berhati-hati dalam bermedia sosial mulai dari membaca, membagi, mengupload, memberikan komentar, atau hanya sekedar membagikan setiap berita yang Anda dapatkan. Karena semua kegiatan Anda karena ketidaktahuan Anda bisa membuat banyak orang mendapatkan kerugian. Atau Anda juga bisa mengakibatkan kekisruhan baru yang bisa muncul tanpa Anda sadari.

Salah satunya adalah ketika terjadi pembullyan di media sosial yang ternyata terjadi karena ketidak tahuan, atau hanya sekedar iseng saja. Hal itu akan berakibat fatal pada psikis seseorang yang dibully. Lebih-lebih Anda juga sebagai seorang yang ikut membully orang tersebut tentunya hal itu akan menambah kekisruhan semakin menjadi-jadi. Beginilah yang harus Anda lakukan dalam bermedia sosial.

Media Sosial Berdampak Luas Kepada Masyarakat

Jika Anda aktif di media sosial, Anda harus benar-benar sadar bahwa apa yang Anda lakukan sangat berdampak kepada banyak orang. Entah dampak itu akan sangat positif bisa menginspirasi banyak orang atau bahkan malah sebaliknya. Namun sebaik apapun yang Anda lakukan di dalam media sosial selalu ada orang yang mengapresiasi dengan baik, dan tentunya juga berkata sebaliknya. Semua itu harus benar-benar Anda sadari sejak awal.

Baca juga: Tips Anak Betah di Rumah

Sudah banyak terjadi orang yang memberikan komentar yang dianggapnya baik, ternyata malah dihujat oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena bias komunikasi yang terjadi. Teks yang Anda tulis di media sosial tentu bisa dimaknai yang sebaliknya oleh orang lain. Begitu juga semua yang Anda bagikan di media sosial. Tidak hanya itu saja, ketika membaca dan membagikan berbagai macam informasi di media sosial pun Anda juga harus paham. Apakah memang informasi tersebut benar atau tidak. Jika memang benar apakah informasi tersebut baik atau tidak. Jika memang baik, apakah memang informasi yang Anda bagikan akan berdampak positif atau tidak berdampak apa-apa. Jika memang semua kriteria, yaitu informasi benar, baik, berdampak positif bisa Anda share kepada orang-orang yang ada di media sosial. Akan tetapi jika informasi yang anda bagikan merupakan informasi yang benar, baik, namun tidak bermanfaat, maka janganlah Anda share. Apalagi jika informasi yang Anda bagikan salah. Tentunya tidak perlu Anda share. Jika memang bisa laporkan informasi yang Anda dapatkan tersebut kepada pihak-pihak yang berwenang.

Tidak Cukup Iktikad Baik

Tidak cukup hanya memiliki iktikad baik, tapi juga harus benar-benar mengetahui apa yang penting dan dibutuhkan oleh banyak orang. Karena memang sifat media sosial itu bisa memberikan efek yang luar biasa tergantung dari sebaran informasi yang Anda bagikan. Sekecil apapun informasi yang Anda bagikan bisa dibaca oleh setiap orang yang berjejaring dengan Anda.

Jadi ingatlah ketika Anda bermedia sosial, Anda akan memberikan dampak yang sangat besar bagi orang yang melihat setiap postingan Anda. Anda akan menyumbang setiap kata yang Anda bagikan untuk dibaca dan dimaknai berbeda oleh orang lain. Dengan berhati-hati dalam bermedia sosial, Anda akan selamat dan menyelamatkan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *