dampak negatif teknologi gadget

Dampak Negatif dari Teknologi Gadget yang Perlu Diketahui

Memang keberadaan teknologi ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi manusia. Namun banyak juga dampak negatiFnya yang mungkin tidak banyak orang yang menyadarinya. Nah, untuk itu dalam tulisan kali ini akan membahas tentang beberapa dampak negatif dari adanya teknologi gadget yang perlu diketahui sebagai berikut ini :

  1. Selalu Ingin Eksis

Ingin selalu eksis ini merupakan suatu fenomena yang merebak serta menjalar pada anak-anak muda jaman sekarang. Ya. Ingin selalu eksis ini mereka ekspresikan dengan cara memfoto dirinya sendiri atau selfie. Bahkan sebagian dari mereka berani untuk melakukan selfie ini di tempat atau cara yang ekstrim supaya menjadi lebih banyak perhatian dari orang lain. Atau bahkan ada  yang lebih mirisnya lagi, dimana banyak dari mereka terutama kaum perempuan yang melakukan selfie sambil bugil yang kemudian disebarkan melalui media sosial sehingga banyak orang yang bisa melihat kemolekan tubuhnya.

dampak negatif dari teknologi gadget

  1. Banyaknya Berita Fitnah / Hoax

Kalau melihat ke belakang  5-10 tahun yang lalu, kehidupan masyarakat Indonesia terasa adem ayem tidak ada kegaduhan, karena tidak dihebohkan dengan berita-berita yang menyesatkan atau berita hoax. Namun pada saat ini, bisa kita lihat bagaimana sering terjadinya kegaduhan yang sangat luar biasa, terutama di media sosial. Hal ini dikarenakan dengan banyak beredarnya berita-berita hoax di media sosial yang menjadi konsumsi publik sehari-hari. Apalagi pada tahun ini 2019, yang merupakan tahun politik tentunya berita-berita hoax akan semakin merajalela di negeri ini. Untuk itu kita harus lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial.

  1. Mementingkan Gadget

Ada istilah yang mengatakan “yang dekat terasa jauh, dan yang jauh terasa dekat” Itulah salah satu ungkapan yang cocok disematkan untuk menggambarkan bahwa teknologi ini dalam hal ini gadget, telah merubah perilaku seseorang. Yang mana dengan gadget ini mungkin anda bisa atau sering berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh melalui media sosial, namun anda melupakan orang-orang yang ada disekitar anda, yang justru jarang untuk berkomunikasi dengan mereka dikarenakan anda sibuk sendiri dengan gadget anda.

  1. Permainan Tradisional Mulai Punah

Kalau dulu pada saat kita masih kecil suka memainkan mainan tradisional dengan anak-anak lainnya di halaman rumah. Seperti petak umpet, kucing-kucingan, dan lain sebagainya. Namun pada saat ini, permainan tradisional tersebut sudah jarang atau bahkan sudah tidak ada lagi anak-anak yang memainkannya. Hal ini dikarenakan mereka sudah sibuk sendiri dengan gadgetnya. Karena dalam gadgetnya juga banyak sekali game-game keren yang tentunya akan membuat anak menjadi betah untuk lama-lama memainkannya.

Dan masih banyak lagi dampak negatif yang ditimbulkan oleh teknologi ini. Mungkin itu saja pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *