Ini Dia Tanda Tanda Orang Yang Kecanduan Game Online

Dalam beberapa dekade terakhir ini teknologi sudah semakin canggih saja dan sangat pesat perkembangannya. Bagi kehidupan manusia semakin canggihnya teknologi ini seperti pisau bermata dua, dalam arti selain akan memberikan banyak dampak yang positif tetapi juga akan memberikan dampak yang negatif. Salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi ini adalah banyaknya orang yang kecanduan bermain game online. Didalam kenyataanya yang kecanduan game online ini tidak hanya orang dewasa saja karena 9 % nya dari anak anak diseluruh dunia menurut sebuah penelitian dikategorikan sebagai pecandu game online.

Mungkin saja kamu akan telat bangun dipagi hari karena tidur larut malam setelah selesai bermain game, sehingga mengakibatkan datang ke tempat kerja kesiangan dan akhirnya atasan pun akan menegur, atau karena mengantuk bekerja tidak konsentrasi, atau yang lebih buruknya sering tidak masuk kerja. Dan dampak buruknya bagi anak anak adalah seperti disekolah prestasi menurun, anak malas sekolah, sering bolos, saat belajar tidak konsentrasi, atau dampak buruk lainnya.

Lalu bagaimana tanda tanda seseorang bisa dikategorikan sebagai pecandu game online? Berikut tanda tanda orang yang kecanduan game online diantaranya yaitu :

  • Waktu Luangnya Dihabiskan Untuk Bermain Game ¬†

Mungkin seseorang awalnya akan bermain game online itu hanya sekitar satu jam saja dalam satu harinya atau mungkin hanya untuk hiburan semata. Tetapi lama kelamaan waktu luangnya itu akan dihabiskannya hanya untuk bermain game online saja atau melakukan apa saja yang erat kaitannya dengan game.

  • Akan Melupakan Kewajibannya

 

Jika seseorang sudah kecanduan bermain game maka biasanya akan menghabiskan waktunya itu hanya untuk berdiam diri saja di rumah dan akan melupakan kegiatan hariannya yang merupakan kewajibannya misalnya akan lupa bekerja atau sekolah. Bermain game untuk mengisi waktu luang dan menyegarkan pikiran dari kepenatan aktivitas sehari hari adalah hal yang sah sah saja jika dilakukan dalam batas waktu yang sewajarnya. Tetapi kesenangan ini akan menjadi sesuatu yang tidak wajar jika dilakukan diluar batas kewajaran sehingga akan meninggalkan bekerja atau sekolahnya hanya untuk bermain game online saja.

  • Untuk Menjalin Relasi Waktunya Itu Hanya Sedikit Saja

Seseorang yang sudah kecanduan game online cenderung akan menolak tawaran ketika adanya momen untuk berkumpul bersama keluarga atau yang teman lama, karena seseorang yang kecanduan ini akan lebih memilih mengisi waktu luangnya itu untuk bermain game online kesayangannya. Mereka cenderung tidak akan menyukai sesuatu hal yang tidak ada kaitannya dengan game.

Itulah tanda tanda orang yang kecanduan game online. Selain itu masih ada tanda tanda yang lainnya seperti tidak akan memperhatikan penampilannya, akan rentan terhadap penyakit, akan menghabiskan banyak uang, emosi akan terganggu. Begitu banyaknya dampak buruk dari kecanduan game online ini maka harus segera diatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online ini salah satunya adalah dengan mengubah pola pikir.  Mengubah pola pikir disini berarti adalah mulai serius untuk memikirkan dengan apa yang menjadi tujuan jangka panjang kita, dengan begitu kita akan mempunyai target untuk bisa mencapainya.

1 comment on “Ini Dia Tanda Tanda Orang Yang Kecanduan Game Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *