Ini Dia Tips Agar Anak Betah Dirumah

Sosok manusia yang memiliki rasa cinta yang sangat besar kepada buah hatinya adalah orang tua. Setiap orangtua pastinya berharap agar anaknya itu nanti menjadi orang yang sukses. Dibalik harapannya itu, setiap orangtua menyimpan rasa kekhawatiran yang sangat besar terhadap anak anaknya. Terlebih ketika anaknya itu mempunyai kebiasaan sering keluyuran di luar rumah sehingga membuat orangtua akan merasa khawatir jika anaknya belum pulang. Kebiasaan anak yang suka main atau keluyuran di luar ini memang banyak manfaat atau dampak positifnya untuk anak seperti dari segi kecerdasan sosial, emosional, dan akan memberikan sumbangan yang positif untuk pembentukan karakter anak.

Tetapi selain banyak dampak positifnya untuk anak tetapi kebiasaan anak yang suka berada diluar rumah itu juga akan memberikan dampak yang negatif bagi perkembangan anak nantinya. Tetapi para orangtua tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips agar anak betah dirumah diantaranya yaitu :

  • Dengan Membuat Suasana Rumah Yang Menyenangkan

Anak biasanya tidak akan merasa betah dirumah karena suasana rumahnya itu tidak menyenangkan. Misalnya saja karena hubungan orangtuanya yang sedang renggang sehingga hubungan antar anggota keluarga menjadi tidak harmonis. Sehingga akan memicu anak untuk mencari hiburan atau kesenangan diluar rumah. Oleh karena itulah tindakan bijak yang harus dilakukan orangtua adalah dengan membuat suasana rumah atau keluarga yang menyenangkan. Orangtua harus mulai untuk membangun hubungan antara sesama anggota keluarganya itu selalu berjalan dengan harmonis.

  • Anggota Keluarga Melakukan Quality Time

Jika orangtua kurang memberi perhatian kepada anaknya maka jangan heran jika anak tidak akan merasa betah di rumah. Misalnya ayah dan ibunya itu sibuk bekerja sehingga tidak mempunyai waktu untuk anaknya. Ketika anak merasa kurang mendapatkan perhatian dari orangtuanya maka anak akan merasa tidak adanya sosok yang bisa menemaninya pada saat sedang berada di rumah. Dengan kondisi anak yang merasa kesepian maka anak akan mencari hiburan dengan melakukan sosialisasi bersama teman teman dilingkungan masyarakat tempat tinggalnya atau lingkungan yang lainnya.

Oleh karena itulah sesibuk apapun orangtua maka sempatkanlah waktu untuk bisa berkumpul dengan anak dan seluruh anggota keluarga yang lainnya. Buatlah momentum quality time bersama keluarga dengan menentukan waktu khusus untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

  • Dengan Memasak Makanan Kesukaan Anak

Agar anak merasa betah di rumah maka buatkanlah makanan yang menjadi kesukaannya. Ajaklah anak untuk ikut membantu memasak makanan kesukaannya sehingga anak akan ada kegiatan dirumah sehingga anak tidak akan merasa bosan. Selain itu juga dengan anak ikut membantu memasak maka anak akan bertambah keterampilannya.

Itulah tips agar anak betah dirumah. Dengan melakukan ketiga tips diatas maka bisa dipastikan anak akan merasa betah dan nyaman pada saat ada dirumah. Ketika mereka masih berada diluar rumah maka mereka ingin segera untuk bisa cepat sampai kerumah dan bertemu dengan anggota keluarganya.

1 comment on “Ini Dia Tips Agar Anak Betah Dirumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *