Cara minum kopi sesuai selera

4 Cara Menikmati Kopi Sesuai Selera

Siapa yang tidak suka kopi? hampir semua orang menyukai salah satu hasil perkebunan ini. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di dunia. Cita rasa yang khas membuat produk olahan ini disukai oleh lintas generasi.

Bagi pecinta kopi, tak hanya hidangan kopi dari berbagai daerah saja yang wajib dirasakan. Cara pemetikan, pemanenan, hingga pembuatannya untuk sampai menjadi kopi yang siap saji juga harus diketahui. Untuk itu, artikel ini akan memberikan wawasan kepada Anda mengenal beberapa alat pembuat kopi untuk menikmati kopi sesuai selera Anda. Berikut ulasannya.

1. Penggiling Kopi

Penggiling kopi atau biasa disebut coffe grinder ini sudah tidak asing di telinga para pecinta kopi. Mesin ini digunakan untuk menghaluskan biji kopi menjadi bubuk kopi. Secara umum, mesin ini digunakan saat biji kopi telah di-roasted (dipanggang) dengan blender di dalamnya menghancurkan biji-biji tersebut menjadi bubuk. Bagian atasnya memiliki bentuk kerucut yang berfungsi memasukkan biji kopi kedalam blender.

Pada mesin ini juga dilengkapi dengan pengatur kecepatan putar otomatis yang memudahkan barista. Coffe grinder selain untuk menggiling kopi, juga bisa digunakan menggiling beras, jagung, cabai, serta produk lainnya lho.

2. Alat Kopi Manual

Pada umumnya, alat ini dipakai untuk membuat kopi tanpa penggerak mesin atau listrik. Alat kopi manual ini biasa disebut dengan istilah “manual brew”. Harga dari alat ini pun cukup murah bila dibandingkan dengan mesin pembuat kopi lainnya. Ada beberapa jenis dari alat ini. Diantaranya Vietnam Coffe Drip, French Press, Rok Presso, hingga Siphon. Dengan harga yang murah, alat-alat diatas juga mudah rusak. Agar bisa digunakan lebih lama, Anda harus menyimpannya alat tersebut dengan hati-hati dan teliti.

3. Mesin Kopi Kapsul

Mesin ini di awal kemunculannya berasal dari Negara Italia. Mesin ini merupakan inovasi dari produk mesin-mesin pembuat kopi sebelumnya. Dalam alat ini, pengaturan suhu maupun kadar pemanasannya dilakukan secara otomatis. Biji kopi yang digunakan pun biasanya mengambil kualitas super. Sehingga membuat keluaran kopi dari mesin ini akan mempunyai cita rasa yang khas dan enak. Kemasan kopinya pun dibuat dalam bentuk kapsul yang dapat menjaga kualitas dan kesegaran kopi.

Selanjutnya kopi akan dibalut/dikemas menggunakan sistem bernaman Cafitally System. Sistem ini membuat kopi disaring dengan sistem filter gtanda yang memberikan rasa yang khas seperti minum kopi di café. Namun kekurangan dari mesin ini yakni harga yang terlalu tinggi, sehingga tidak menjangkau semua kalangan pecinta kopi di Indonesia. Selain itu, kopi ini mesin kopi ini juga kurang familiar di telinga coffe lovers.

4. Mesin Kopi Otomatis

Mesin kopi seperti espresso coffe mechine dan coffe grinder mungkin sudah tidak asing bagi pecinta kopidi Indonesia. Yap, dua mesin itu masuk dalam kategori mesin kopi otomatis. Selain mempunyai fungsi khusus untuk mengolah, membuat, serta menggiling biji kopi, mesin ini juga dapat menyimpan kopi dalam bentuk biji maupun bubuk lho. Beberapa jenis mesin kopi ini ada yang full otomatis dan semi otomatis. Jadi barista hanya perlu memasukkan biji kopi ke dalam mesin, lalu mengatur temperatur suhunya sesuai keinginan. Alat ini juga banyak ditemui di hotel, bar, café, atau restaurant.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *