Esensi Ngopi, Bukan Hanya Sekedar Rasa

Bangsa Indonesia mempunyai budaya yang sangat unik. Yaitu ngopi dengan segala plus dan minusnya. Stigma ngopi tentu saja sangat bervariatif. Akan menjadi stigma negatif ketika yang berasumsi adalah orang-orang tua yang belum tahu tentang esensi ngopi. Dan tentunya mendapatkan stigma positif dari para anak muda yang bisa semakin produktif dengan ngopi.

Meski bukan tanaman asli Indonesia, namun kopi telah menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang selalu menyukai ketenangan dan bisa selalu supel ketika berada di dalam satu warung kopi bersama. Meski kopi didatangkan sejak beratus-ratus tahun lalu oleh kolonial Belanda ke Indonesia sebagai tempat budidaya kopi, tapi kemudian kopi itu menjadi komoditas yang sangat penting di pasaran internasional.

Kopi menjadi komoditas unggulan Indonesia setelah kopi menjadi primadona di seluruh dunia. Bahkan di dalam negeri sendiri kopi menjadi pemenang. Bahkan kopi Indonesia menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya ekspor kopi ke berbagai penjuru dunia.

Ketenaran kopi ini semakin menjadi-jadi ketika muncul novel dan film dengan judul yang sama, yaitu Filosofi Kopi. Di situlah ternyata di dalam sebuah cangkir kopi memiliki banyak hal yang bisa ditafsiri oleh siapapun. Baik dari segi rasa maupun filosofisnya. Bahkan dari satu sisi saja, kopi bisa menjadi sebuah judul buku. Tentu saja hal ini didasarkan bagaimana kopi memiliki sejarah panjang dan juga menjadi sebuah budaya yang sangat erat di masyarakat. Apalagi di Indonesia sendiri dengan budaya berkumpul yang sangat kuat.

Baca juga: 5 Tips Mempertahankan Rasa Kenyang

Ngopi  sudah menjadi sebuah istilah khusus kepada beberapa orang atau seorang saja yang duduk sambil minum kopi. Mereka melakukan berbagai macam kegiatan yang beragam, mulai mengobrol, membaca buku, main game, atau hanya sekedar duduk dan menikmati suasana yang berada di sekitarnya. Dengan ngopi ini banyak sekali inspirasi yang bisa didapatkan. Karena memang suasana ngopi akan selalu tenang dan menyenangkan.

Untuk menikmati kopi Anda juga harus mengetahui bagaimana kopi memberikan rasa yang selalu membuat penikmatnya ingin mencicipinya tiap hari. Yaitu kekhasan berbagai macam seduhan yang sangat bervariasi. Perbedaan penyeduhan dari satu cara dengan cara lain juga akan menimbulkan rasa yang berbeda. Belum lagi ketika dibandingkan dengan berbagai jenis kopi yang juga mempunyai karakter masing-masing. Bahkan meski jenis kopi sama namun tempat tanamnya berbeda juga menimbulkan rasa yang juga berbeda. Anda sendiri bisa merasakan semua itu dalam secangkir kopi.

Berbagai macam cara itu mulai dari cara tradisional, ada cara-cara modern, bahkan ada juga kopi yang dibentuk dengan cita rasa seni tinggi. Semua itu semakin menambah nikmat kopi yang bisa Anda nikmati. Tidak heran jika kopi semakin memikat banyak orang untuk terus menikmatinya setiap saat.

Kita harus membuat budaya ngopi semakin positif. Karena dalam kegiatan ini seseorang bisa saling tukar informasi, tukar ilmu, dan berbagai macam kegiatan lainnya yang sangat produktif. Namun juga kopi bisa menjadi tidak produktif jika hanya digunakan untuk menghabiskan waktu saja. Bahkan banyak orang yang berpendapat bahwa diskusi tanpa kopi pasti kurang seru, akan terasa kurang ketika tidak ada kopi yang menemani. Seperti itulah esensi kopi bisa membuat Anda semakin mudah untuk mengeluarkan lontaran-lontaran pikiran yang kritis, inovatif, kreatif, yang selalu ingat dengan kepentingan bersama untuk membangun bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *