Terlihat Lebih Pede Berbicara Di Depan Umum

Hanya Dengan Lakukan Ini, Anda Bisa Terlihat Lebih Pede Berbicara Di Depan Umum

Sepanjang hidup, tentu ada saat di mana Anda ‘terpaksa’ untuk berbicara di depan umum. Meski pekerjaan Anda sebenarnya tidak berhubungan dengan banyak orang, tapi ada saja momen di mana Anda harus berhadapan dengan sekelompok orang.

Rasa nervous, takut melakukan kesalahan, tidak siap diberi pertanyaan, dan banyak hal pasti berkecamuk di benak Anda. Yang terjadi berikutnya, Anda pun berbicara tanpa terkontrol dan pikiran terasa blank. Lalu setelah momen tersebut terlewati, Anda pun merasa sangat menyesal setengah mati.

Nah, lebih baik mempersiapkan segalanya daripada harus menyesal, kan? Maka dari itu, coba ingat tips berikut ini supaya saat mendadak disuruh berbicara di depan orang banyak, Anda sudah merasa siap:

1. Pasang senyum di wajah

Meski jantung berdetak dag dig dug tak karuan, namun jangan tampakkan hal tersebut di wajah. Berusahalah untuk memasang wajah tenang dan tersenyum. Meski awalnya dipaksakan, namun senyuman tersebut secara tidak langsung akan membuat Anda lebih rileks. Selain itu, audience yang ada di hadapan Anda pun akan memperoleh kesan pertama yang lebih positif karena Anda tersenyum. Kalau Anda memulai berbicara dengan wajah gugup dan bingung, sudah pasti audience akan menganggap apa yang Anda sampaikan tidak penting. Bagaimana tidak, yang menyampaikan saja tidak bisa diandalkan untuk berbicara di depan orang banyak, kan?

2. Berdiri dengan tegak

Untuk menguasai audience, Anda perlu tampil sebagai sosok yang tegas. Hal ini bukan berarti harus dtiampilkan dengan busana yang serba serius atau mimik wajah yang dibuat galak, tapi Anda cukup berdiri tegak. Postur tubuh ternyata sangat berpengaruh sekali lho, terhadap bagaimana orang memandang sosok Anda. Kalau Anda berdiri dengan membungkung, menunduk, memainkan kaki, atau melakukan hal tidak penting lainnya, akan terlihat bahwa Anda sangat tidak percaya diri. Audience jadi dengan mudah kehilangan perhatiannya karena sosok Anda dianggap kurang mengesankan.

3. Jangan menggumam

Anda mungkin tidak terbiasa berbicara di depan umum sehingga merasa malu atau takut. Orang yang memiliki perasaan seperti ini seringkali jadi kurang percaya diri ketika berbicara sehingga mulai menggumam. Kalau Anda hanya menggumam, bisa dipastikan audience tidak akan bisa memahami apa yang Anda katakan. Menggumam saat berbicara juga menyimbolkan bahwa Anda sendiri kurang yakin dengan apa yang sedang diucapkan. Nah, kalau memang seperti itu kesan yang muncul dari diri Anda saat berbicara di depan umum, bisa dipastikan audience tidak akan bisa menerima dengan baik apa yang Anda sampaikan.

4. Pastikan ada waktu untuk mengambil jeda ketika berbicara

Orang yang terlalu gugup seringkali tidak bisa mengatur pernapasan dengan baik. Hal ini dikarenakan jantung berdetak lebih cepat sehingga secara tidak langsung pernapasan juga jadi kurang teratur. Yang terjadi, seringkali ritme dalam berbicara menjadi terlalu cepat dan susah dimengerti. Segugup apapun Anda, usahakan untuk selalu menarik napas dengan teratur dan mengambil jeda ketika berbicara di depan audience.

Tak perlu terlalu banyak berpikir negatif saat akan berbicara di depan umum. Tunjukkan rasa percaya diri Anda dan tak butuh lama Anda pun akan menikmatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *