Ini Dia Tips Agar Anak Tidak Pernah Absen Dari Sekolah

Ketika anak sudah memasuki dunia sekolah maka setiap orangtua pastinya berharap agar anaknya itu selalu rajin berangkat ke sekolah dan anak rajin belajarnya. Karena dengan anak rajin berangkat ke sekolah maka anak tidak akan ketinggalan pelajaran, dan ketika anak rajin belajar maka anak akan pintar. Dengan rajin datang ke sekolah dan rajin belajar juga merupakan syarat mutlak agar anak bisa naik kelas. Karena ketika anak malas untuk datang ke sekolah dan malas untuk belajar maka kemungkinan anak untuk tidak naik kelas itu sangat besar.

Tetapi orangtua akan dibuat kesal dan marah ketika si kecil mendadak malas untuk berangkat ke sekolah dan selalu saja mencari alasan untuk absen misalnya saja dengan mengatakan sedang tidak enak badan. Masalah seperti ini sepertinya hampir pernah dialami oleh setiap orangtua, dan jika mood belajar anak sudah tidak baik maka rasanya akan sulit untuk meyakinkannya untuk berangkat ke sekolah. Tetapi orangtua tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips agar anak tidak pernah absen dari sekolah diantaranya yaitu :

  • Dengan Menemani Anak Pergi Kesekolah

Jika anak mogok pergi kesekolah maka temani dan sekaligus antar anak ke sekolahnya. Tetap jika anak masih tetap tidak mau melangkahkan kakinya ke sekolah maka langkah terakhirnya adalah dengan menemaninya selagi anak belajar didalam kelas, dan itu juga atas seijin gurunya. Orangtua juga sebaiknya menanyakan tentang kondisi anak kepada wali atau guru di kelasnya sehingga nantinya akan mengetahui tentang masalah apa yang sedang dihadapi anak.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Taman di Rumah

  • Dengan Melibatkan Anak Ketika Membeli Peralatan Sekolah

Agar anak merasa bersemangat untuk pergi ke sekolah juga maka libatkanlah anak pada saat membeli kebutuhan sekolah yang sedang diperlukannya. Dan biarkan akan untuk memilihnya sendiri atau biarkan dirinya memberikan pendapat tentang barang apa yang disukainya. Misalnya ketika akan membeli buku pelajaran, alat tulis, seragam olahraga, dan yang lainnya. Biasanya ketika anak mempunyai peralatan sekolah yang baru apalagi yang disukainya maka anak akan merasa bersemangat untuk pergi ke sekolah.

  • Dengan Membelikannya Perlengkapan Sekolah Yang Baru

Anak juga akan termotivasi untuk semangat pergi kesekolah ketika dibelikan salah satu kebutuhan sekolahnya yang baru. Misalnya dengan membelikannya tas sekolah, tempat makan, kotak pensil, botol minum, atau alat tulis. Atau jika anak sedang menyukai sebuah mainan tertentu maka belikanlah mainan yang disukainya itu. Dan berikan mainan itu sebagai hadiah dan mintalah anak untuk berjanji rajin kesekolah dan rajin belajar.

  • Dengan Mengadakan Acara

Agar anak semakin dekat dengan teman temannya maka buatkanlah sebuah acara untuk anak dirumah dengan mengundang teman teman sekolahnya, sehingga mereka akan bisa menikmati acara seru yang telah dirancang. Dengan menggunakan cara demikian maka anak akan termotivasi untuk berangkat ke sekolah.

Itulah tips agar anak tidak pernah absen dari sekolah. agar anak semangat pergi kesekolah maka ceritakan juga tentang keseruan yang biasanya akan terjadi di sekeloh, misalnya dengan menceritakan tentang topik topik menarik dalam kegiatan tahunan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *