Inilah Cara Menikmati Musik

Musik bisa membangun suasana hati lebih menyenangkan. Ketika mendengarkan musik Anda semakin bisa menikmati hari-hari Anda. Berhubungan dengan berbagai macam jenis-jenis dan aliran musik yang ada, tentunya setiap orang punya selere sendiri-sendiri. Yang ternyata selera musik itu ditentukan oleh lingkungan yang berada di sekitarnya dan apa saja yang mempengaruhi kehidupan seseorang dari berbagai macam pengalaman yang didapatkan oleh seseorang tersebut.

Orang yang menyukai musik pop tidak serta merta karena selera yang dimilikinya adalah musik pop. Selera itu terbentuk dari apa yang biasa dilihat dan terus didengarkannya. Bisa jadi seorang menyukai musik pop karena memang di rumahnya sering diputar musik pop. Bisa juga karena di sekolah teman-temannya selalu membicarakan musik pop, meski di rumah sering melihat musik dengan genre lainnya.

Begitu juga dengan orang yang menyukai musik dangdut bukan berati seleranya adalah dangdut. Tapi karena hal itu terbentuk dari apa yang biasa dilihat dan terus didengarkannya. Bahkan banyak orang yang kemudian menyukai aliran musik yang dulunya dibencinya hanya karena terlalu sering mendengarnya dan menjadi bagian dari kehidupannya.

Selera musik bisa berubah tergantung dari apa yang selalu didengarkan dan dirasakannya. Oleh karenanya apapun genre musik yang Anda sukai tidak perlu menyalahkan selera orang lain. Namun yang lebih penting dari semua itu bukanlah aliran musik yang didengarkan. Namun bagaimana konten dalam sebuah lagu.

Anda bisa melihat dari reaksi orang-orang yang tidak paham dengan lagu-lagu Indonesia. Namun mereka mengapresiasi seolah-olah tahu maksud dari lagu tersebut. Padahal yang mereka dengar hanyalah alunan musiknya saja. Dengan melihat hal itu tentunya Anda bisa menafsirkannya sendiri bagaimana mereka menilai seseorang dari genre musik bukan dari konten lagu yang didengarkannya. Tentunya Anda juga pastinya akan gergetan sendiri jika apa yang dibicarakan tidak sesuai dengan konteks dalam isi lagu yang dibicarakannya. Oleh karenanya genre  musik memang selalu memberikan efek hiburan kepada setiap orang yang mendengarkan. Namun tidak hanya itu saja, salah satu unsur musik dan lagu adalah unsur pesan yang ingin disampaikan. Itulah hal yang akan bisa mengubah banyak orang. Dari musik seseorang akan menjadi orang yang berbeda dan lebih baik. Bisa juga sebaliknya, bahwa dari musik bisa menjadi orang yang berbeda dan lebih buruk dari sebelumnya,

Sebagai sebuah generasi yang semakin modern dan cerdas, tentunya Anda tidak hanya menyukai musik karena nada dan iramanya saja. Karena setiap musik selalu memberikan pesan yang bisa Anda pahami. Anda sendiri harus bisa menentukan mana yang lebih baik untuk diterima manakah yang tidak baik untuk diterima. Sehingga Anda akan menjadi orang yang bisa mengerti dan memahami apa yang semestinya Anda nikmati.

Musik juga seperti makanan dengan berbagai macam gizi yang dikandungnya. Makanan itu juga akan mempengaruhi apa yang ada di dalam tubuh seseorang. Begitu juga lagu yang juga mempunyai unsur sugesti yang bisa mempengaruhi pikiran orang-orang yang mendengarkannya. Semakin banyak Anda mendengarkan musik-musik, tentunya Anda akan menjadi orang-orang yang berprilaku seperti isi dalam lagu tersebut.

Tidak ada salahnya Anda mengidolakan artis, penyanyi, atau siapapun yang Anda suka. Namun dengan akal sehat, kita bisa memilah mana yang baik untuk kita dan mana yang tidak baik untuk kita. Karena setiap kata, setiap gambar, video, dan semua hal yang kita dengar, kita saksikan, dan kita baca akan berpengaruh terhadap pikiran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *