Foto-menarik

Ingin Foto jadi Menarik? Gunakan Tips Berikut Ini!

Pesatnya dunia teknologi di bidang informasi membuka segala peluang bisnis di berbagai bidang. Ada bisnis penjualan, kepenulisan, bahkan bisa menjadi artis dadakan. Banyaknya aplikasi yang membantu menunjang peluang tersebut. Msalnya saja Instagram, Facebook, Line, dan lain sebagainya.

Menurut data yag diperoleh, penduduk Indonesia adalah pengguna Instagram terbesar di Asia Pasifik. Setiap harinya diperkirakan 100.000 upload foto yang masuk di Instagram Sehingga aplikasi ini menjadi paling populer di Indonesia daripada aplikasi lain.

Banyak Instagramable (sebutan untuk pengguna Instagram) mengupload hasil jepretannya yang dikatakan hasilnya kurang maksimal. Mereka hanya asal potret saja dan langsung upload tanpa ada edit sama sekali.

Padahal ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercantik foto yang hasilnya tidak kalah dengan kamera yang mahal. Tapi jika smartphone yang dipakai tidak mendukung maka Instagramable bisa gunakan tips di bawah ini.

Tips cara agar foto hasi jepretan menarik

1. Kenali dan maksimalkan fitur kamera smartphone yang kamu miliki

Fitur-kamera

Tidak hanya fitur yang lebgkap, banyak smartphone yang sudah memiliki kamera ganda. Dengan fitur yang ada, kamu bisa mengutak-atik sebelum memutuskan menjepret objek yang diingikan. Jadi kenali semua ftur yang ada di smartphone kamu.

2. Gunakan mode manual

Mode-manual

Jika kamu terbiasa pakai kamera dengan mode otomatis, tidak salahmya sesekali memakai mode manual. Di mode manual kamu bisa temukan beberapa pengaturan yang bisa kamu mainkan.

3. Pakai fitur Re-Focus

Re-focus

Hampir semua produk smartphone memiliki fitur autofokus. Fitur ini bisa membantu kamu memperoleh gambar yang bagus karena bisa menghasilkan efek foto seperti kamera SLR. Tinggal bidikkan kamera ke objek yang diinginkan, kemudian fokuskan dan blurkan objek di sekitarnya. Hasilnya kamu akan dapatkan hasil yang keren seperti kamera SLR.

4. Pakai flash di saat yang tepat

Flashlight

Flash memang membantu memberikan pencahayaan pada objek yang sedikit pencahayaan. Tapi tidak selamanya bisa membantu kamu menjepret objek gelap yang tepat, bisa saja hasilnya tidak keruan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan dalam situasi yang tepat dan jarak sedang ketika mengambil objek jepretan.

5. Manfaatkan cahaya di sekitar obyek

Manfaatkan-cahaya

Tips selanjutnya adalah kamu bisa memanfaatkan pencahayaan di sekitar obyek. Cahaya yang bisa diambil adalah cahay lampu mobil, lampu jalan, lampu sepeda, atau yang lainnya. Dengan teknik ini kamu bisa dapatkan hasil seperti siluet.

6. Bidik objek sumber cahaya

Bikin-cahaya

Setelah memanfaatkan cahaya di sekitar obyek, selanjutnya kamu bisa mencoba membidik sumber cahaya. Misalnya lampu-lampu penghias di jembatan, gedung-gedung yang memiliki lampu yang berwarna warni, atau air mancur yang memiliki cahaya. Hasilnya foto yang kamu bidik akan terlihat hidup karena suasana malam menyuguhkan pemandangan yang memesona.

7. Hindari memakai zoom

Hindari-memakai-zoom

Banyak yang mengira bahwa ketika mengambil gambar dengan memakai zoom akan membuat gambar lebih jelas. Padahal gambar yang diambil dengan zoom akan pecah, bahkan hasilnya juga kurang maksimal. Lebih baik atur jarak kamu dengan objek bidikan.

8. Manfatkan aplikasi edit foto seperlunya

Aplikasi-edit-foto

Banyak aplikasi edit foto yang ada di playstore. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi tersebut. Cermati fitur yang ada di aplikasi edit foto. Pakailah yang bisa benar-benar kamu manfaatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *