Mainan-bayi

Berikut Ini Mainan Bayi Untuk Usia 0 – 6 Bulan Guna Membantu Tumbuh Kembangnya

Mungkin kebanyakan orang tua berpikir bahwa bayi yang baru lahir itu tidak membutuhkan mainan? Padahal anggapan tersebut tidaklah benar karena mainan bayi justru bisa membantu tumbuh kembangnya. Karena dengan bermain merupakan proses belajar paling penting dalam kehidupan anak.

Sehingga sejak bayi baru dilahirkan, dia sudah belajar banyak hal dari apa yang dia lihat di sekelilingnya.Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan bayi akan mengalami perkembangan, misalnya kemampuan sensorik, motorik, logika, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan membahas tentang beberapa mainan bayi untuk usia 0 – 6 bulan guna membantu tumbuh kembangnya sebagai berikut:

1. Mainan Bayi Gambar Hitam Putih

Mainan-bayi-hitam-putih

Pada awal bayi dilahirkan ke dunia, fungsi mata bayi belum sempurna. Dimana bayi hanya bisa melihat hitam putih dengan jarak pandang sekitar 10-25 cm ketika berusia 0 – 1 bulan. Namun seiring dengan perjalanan waktu, jarak pandangnya bisa bertambah jauh.

Untuk itu, cobalah ibu perlihatkan gambar atau pola hitam putih yang kontras. Maka dia akan memperhatikannya dan merasa tertarik dengan gambar tersebut. selain itu, bayi senang dengan mainan yang digantung di atas.

Maka dari itu cobalah gerakkan atau geser mainan tersebut secara perlahan dan perhatikan apakah mata bayi bisa mengikuti arah gerakan tersebut.

2. Mainan Bayi Boneka Laba-Laba

Mainan-boneka-laba-laba

Perlu diketahui bahwa mainan boneka laba-laba ini cukup komplit untuk merangsang indera bayi usia 1-4 bulan. Karena mainan yang digantung ini pada bagian bawahnya berpola hitam putih, sehingga bayi akan merasa senang saat melihatnya.

Jika bayi tersebut sudah semakin besar dan bisa melihat warna, maka dia akan tertarik dengan gantungan-gantungan pada setiap kaki laba-laba.

Selain itu, gantungan tersebut ada yang mengeluarkan bunyi saat diremas atau dikocok, dan ada bulatan yang bisa ditarik oleh si kecil.

3. Mainan Bayi Dengan Cermin

Cermin-bayi

Saat bayi berusia 3-4 bulan maka fungsi matanya sudah semakin baik. Dimana bayi sudah bisa melihat warna dengan jarak pandang yang lebih jauh. Bayi juga gemar melihat refleksi dirinya di cermin. Sehingga jika diberikan mainan yang ada cerminnya, bayi bisa menghabiskan waktu lama dan tertawa sambil bercermin.

Itulah beberapa mainan bayi untuk usia 0 – 6 bulan guna membantu tumbuh kembangya. Nah bagi anda yang memiliki bayi, 3 mainan di atas bisa anda coba. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Infokekinian.net.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *