keluhan-kesehatan-bayi

4 Keluhan Kesehatan Bayi Pada Umumnya

Infokekinian.net – Sebagaimana yang diketahui bahwa ada beberapa keluhan yang pada umumnya dialami oleh bayi. Dalam haln ini, terdapat sejumlah gangguan kesehatan ringan yang bisa mempengaruhi bayi yang masih kecil.

Meskipun sebagian besar diantaranya bisa disembuhkan dengan mudah, namun gangguan ini tetap bisa mencemaskan bagi para orang baru.

Lalu masalah kesehatan apa saja yang sering dialami oleh bayi? Maka dari itu, dalam artikel tentang bayi kali ini akan memberikan informasi tentang 4 keluhan kesehatan bayi pada umumnya sebagai berikut ini:

1. Bayi Resah dan Kolik

Ada banyak bayi yang masih kecil sering merasa gelisah dan menangis karena merasa tidak nyaman namun bukan karena alasan lapar atau ngantuk. Hal ini sering disebut sebagai kolik, dan biasanya sering terjadi di sore dan malam hari.

Dan biasanya bayi tidak akan mengalami hal ini lagi setelah menginjak usia 5 bulan. Karena penyebab kolik ini tidak diketahui, maka gangguan ini bisa sulit untuk diobati dan seringkali bisa diperingan dengan cara menenangkan, menyamankan, dan memijat bayi.

2. Gumoh (Memuntahkan Susu Setelah Menyusui)

Gumoh atau dalam bahasa sundanya disebut olab ini terjadi pada sebagian besar bayi yang masih kecil. Hal ini terjadi karena sedikit susu dari lambung mereka terdorong naik kembali ke mulut.

Namun hal ini tidak membahayakan dan bayi yang mengalami gumoh ringan berat badannya akan bertambah, tumbuh normal, dan akhirnya tidak mengalaminya lagi.

Baca juga: Amankah Berhubungan Saat Hamil? Berikut Ulasannya!

3. Muntah

Jika bayi anda muntah, sejumlah besar susu akan terdorong keluar. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh pemberian makanan yang berlebihan, atau mengalami infeksi. Sehingga jika bayi anda muntah-muntah, maka anda harus segera meminta saran dari profesional kesehatan anda.

4. Refluks Atau Refluks Gastroesofagus

Apabila bayi anda mengalami refluks, maka isi lambung akan naik ke batang tenggorok, namun tidak sampai ke mulut. Tentunya hal ini bisa menimbulakan kegelisahan, namun anda tidak menyadari bahwa hal ini disebabkan oleh refluks.

Adapun jenis refluks yang lebih parah disebut gastro-oesopahageal refluks disesase (GERD) dan bisa mengakibatkan bayi anda sering menjerit-jerit. Seiiring dengan waktu GERD ini biasanya akan bisa sembuh sendiri. Namun terus berlanjut sepanjang tahun pertama pada bayi dan bahkan ada yang lebih lama lagi.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang 4 keluhan kesehatan bayi pada umumnya. Semoga dengan informasi ini bisa menambah pengetahuan anda tentang seputar kesehatan bayi.

Baca juga: Cara Agar Cepat Hamil untuk Pasangan yang Baru Menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *