Manfaat Kacang Tanah Untuk Ibu Hamil Yang Harus Bunda Ketahui

Infokekinian.net – Pastinya diantara berbagai macam jenis kacang kacangan, kamu sudah tidak asing lagi dengan kacang tanah.

Kacang tanah ini tidak hanya sering diolah menjadi beberapa masakan saja tetapi juga sering direbus atau digoreng menjadi cemilan. Banyak orang menyukai kacang tanah ini karena rasanya yang gurih dan lezat.

Kacang tanah tidak hanya rasanya saja yang enak tetapi juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi kamu juga harus tahu jika kacang tanah ini juga bermanfaat baik untuk kecantikan kulit.

Ternyata dibalik ukuran kacang tanah yang sangat kecil ini terkandung zat yang memang dibutuhkan untuk kecantikan kulit.

Dan kamu juga harus tahu jika ibu hamil rutin mengkonsumsi kacang tanah di trimester pertama maka jenis makanan tersebut akan dapat membantu meningkatkan perkembangan saraf pada anak.

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini manfaat kacang tanah untuk ibu hamil diantaranya yaitu:

1. Dapat Mencerdaskan Anak

Adanya sebuah penelitian yang mengatakan jika ibu hamil di trimester pertama kehamilannya sering mengkonsumsi kacang tanah, maka bisa membantu ibu mendapatkan anak yang terlahir lebih cerdas. Kecerdasan tersebut bisa terlihat dari hasil tes kognitif, kapasitas perhatian, dan juga memori anak.

2. Mendukung Pertumbuhan Otak Dan Perkembangan Otot

Kandungan asam folat yang tinggi didalam kacang tanah sangat dibutuhkan ibu hamil. Pastinya manfaat kacang tanah ini dapat mendukung pertumbuhan otak dan perkembangan otot. Selain itu juga asam folat dapat membantu pembentukan sumsum tulang belakang pada janin.

3. Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit yang seringkali dialami ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil harus selalu bisa memenuhi kandungan zat besi didalam tubuhnya, dengan cara mengkonsumsi kacang tanah secukupnya. Pasalnya kandungan zat besi didalam kacang tanah cukup tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil.

Kamu bisa dengan mudahnya menemukan olahan sederhana dari kacang tanah ini. Kacang tanah rebus biasanya akan dijual berbarengan dengan jagung rebus.

Rasa kacang tanah yang direbus juga relative manis dan lebih lembut teksturnya. Berikut dibawah ini manfaat kacang tanah rebus untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu:

Baca juga: Cara Agar Cepat Hamil untuk Pasangan yang Baru Menikah

Manfaat-kacang-tanah

1. Mengurangi Resiko Batu Empedu

Degan mengkonsumsi kacang tanah alami atau kacang tanah dalam bentuk selai maka akan dapat membantu mengurangi resiko terkena batu empedu didalam tubuh. Selain itu juga kacang tanah dapat mencegah terjadinya berbagai infeksi hati dan kantung empedu sebanyak 50 %.

2. Mencegah Stroke

Kacang tanah juga bisa kamu manfaatkan untuk mencegah stroke. Pasalnya kandungan antioksidan dan resvreratrol didalam

3. Menurunkan Kolesterol

Kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat tinggi didalam kacang tanah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Selain itu juga asam lemak tinggi pada kacang tanah ini juga dapat membantu kamu terhindar dari penyakit jantung.

Itulah manfaat kacang tanah untuk ibu hamil. Selain itu, yang bermanfaat ternyata tidak hanya biji kacang tanahnya saja tetapi kulitnya juga memiliki banyak manfaat.

Cara memanfaatkan kulit kacang tanah ini adalah dengan rutin mengkonsumsi air rebusan kulit kacang tanah.

Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan kulit kacang tanah ini adalah dapat membantu merawat gigi. Kulit kacang tanah ini dapat membantu membersihkan plak dan karang gigi.

Selain itu juga kulit kacang tanah dapat membantu menurunkan asam urat dan membantu melancarkan peredaran darah.

Baca juga: Amankah Berhubungan Saat Hamil? Berikut Ulasannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *