susu-formula-bayi

Rekomendasi Susu Formula Bayi dan Persiapan Memberikan Susu Formula

Infokekinian.net – Dalam memilih susu formula bayi anda tidak boleh sembarangan, tapi pilihlah susu formula bayi yang memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi.

Setelah memilih susu formula bayi yang tepat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan susu tersebut. Lalu bagaimana cara menyiapkannya?

Nah, dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara persiapan susu formula dan rekomendasi susu formula bayi sebagai berikut ini.

Cara Persiapan Memberikan Susu Formula

  • Langkah pertama cuci tangan dan bersihkan area dapur yang digunakan sebagai tempat membuat susu.
  • Lalu rendam botol susu di air mendidih selama lima menit, saat akan digunakan untuk pertamakali. Selain itu, cuci botol dengan menggunakan air sabun hangat selama satu menit setiap selesai digunakan.
  • Perlu diingat! Jangan tempatkan sendok basah di dalam kaleng susu.
  • Sebaiknya gunakan air yang sudah dididihkan untuk membuat susu, lalu tunggu hingga dingin supaya terjamin kebersihannya.
  • Jangat hangatkan botol di microwave karena hal ini bisa berbahaya bagi bayi anda. Nah, untuk menghangatkan botol susu, rendam botol dengan air hangat atau gunakan penghangat botol khusus.

Untuk takaran, bayi yang baru lahir biasanya akan mengonsumsi susu sebanyak 60-90 ml sekali minum. Sementara itu, pada akhir bulan pertama konsumsi susu akan meningkat sekitar 120 ml per satu kali minum.

Lalu saat usia bayi memasuki enam bulan, bayi akan mengonsumi kurang lebih sebanyak 180-240 ml per satu kali minum.

Sedangkan untuk jadwal pemberian susu, bayi yang baru lahir pada umumnya akan mengonsumsi susu setiap 3-4 jam sekali. Apabila bayi anda tidur di saat jadwal minum susu, maka bangunkan bayi dan dan coba dekatkan botol susu ke mulutnya.

Saat memasuki usia satu bulan, biasanya bayi akan minum setiap empat jam sekali. Dan saat memasuki usia enam bulan bayi akan mengonsumsi susu empat sampai lima kali sehari.

susu-bayi

Baca juga: 4 Keluhan Kesehatan Bayi Pada Umumnya

Rekomendasi Susu Formula Untuk Bayi

1. Nutricia Bebelove 1

Nutricia Bebelove 1 ini adalah susu formula untuk bayi yang baru lahir usia 0-6 bulan. Dimana, susu formula yang satu ini mengandung prebiotik FOS yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, lactoferrin untuk meningkatkan imunitas tubuh, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, zat besi untuk mencegah anemia, ditambah dengan vitamin serta mineral.

2. Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1

Susu formula untuk bayi yang satu ini dibuat dengan formula khusus Acti Duobio guna memberikan manfaat yang optimal pada bayi. Dimana, susu formula ini mengandung prebiotik dan vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Ditambah dengan asam linoleat serta zat besi yang bisa menstimulasi perkembangan otak. Selain itu, dengan tekstur yang diklaim mirip dengan ASI, sehingga susu formula ini mudah dicerna oleh lambung bayi.

Bukan hanya itu, susu formula ini juga dilengkapi dengan probiotik breve M16V yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi.

Dengan 12 vitamin dan 9 mineral, kebutuhan gizi bayi anda sehari-hari tentunya akan terpenuhi.

3. Similac Advance 0-6 Bulan

Similac Advance ini adalah susu formula bayi baru lahir yang berusia 0-6 bulan yang diformulasikan secara khusus untuk mendampingi ASI.

Susu formula ini merupakan makanan pendamping dan hanya bisa dikonsumsi atas petunjuk dokter atau ahli kesehatan anak lainnya.

Selain itu, susu formula ini memiliki kandungan yang bisa membantu perkembangan otak bayi. Dimana, kandungan DHA dan AA dalam susu formula ini berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan mata bayi.

Begitu pentingnya susu formula bayi ini untuk tumbuh kembang si kecil, maka anda harus benar-benar teliti dalam memilihnya.

Baca juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Ibu Hamil Yang Harus Bunda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *