Perkataan yang tidak menyelesaikan masalah

4 Kata Yang Tidak Akan Pernah Menghentikan Pertengkaran

Bagi pasangan, baik yang sudah menikah atau masih berpacaran, pertengkaran memang semacam bumbu yang bisa membuat hubungan terasa lebih berwarna. Tapi bagaimana kalau pertengkaran terjadi selalu sering hingga menciptakan jarak di antara Anda dan pasangan? Sudah tentu hal ini perlu dihentikan. Sebab pertengkaran tidak selalu berarti Anda dan pasangan kurang cocok, namun bisa saja dikarenakan adanya kebiasaan yang keliru.

Ya, bahkan beberapa kata-kata sederhana bisa memicu terjadinya pertengkaran yang tidak berkesudahan. Maka dari itu, kalau Anda ingin menghindarkan pertengkaran dalam hubungan, pastikan untuk tidak mengatakan hal semacam ini:

1. Aku minta maaf, tapi…

Akuilah, kalimat ini pasti sering sekali Anda ucapkan, biasanya saat pasangan marah akan suatu hal. Menambahkan kata tapi setelah meminta maaf menunjukkan kalau Anda tidak sepenuhnya merasa bersalah. Ada kecenderungan di mana Anda justru merasa pasanganlah yang bersalah, tapi Anda yang harus meminta maaf. Jadi jangan heran kalau setelah mengucapkan kata-kata ini pasangan malah jadi makin emosi. Jika memang berniat meminta maaf, lakukan dengan tulus tanpa perlu embel-embel kata ‘tapi’.

2. Aku kan, sudah minta maaf!

Masih berhubungan dengan maaf, kata-kata ini juga jangan sekali-kali diucapkan ke pasangan yang sedang marah. Saat Anda lupa dengan janji makan malam misalnya, terang saja pasangan akan kecewa dan mungkin mengungkitnya lagi dalam beberapa kesempatan. Saat Anda mengucapkan kalimat ini, ada kesan bahwa dengan minta maaf, maka semua akan selesai, termasuk rasa kecewa yang dialami pasangan. Anda harus bisa memahami kekecewaan pasangan, jadi saat ia selalu mengungkit hal yang sama, lebih baik meresponnya dengan ‘Aku tau kamu kecewa, tapi sebaiknya jangan dibahasa lagi, ya. Aku janji tidak akan mengulanginya’.

3. Pikir sendiri!

Saat ada sesuatu yang membuat Anda kesal dan kemudian pasangan mencoba untuk bertanya kenapa Anda bersikap seperti itu, jangan sekali-kali menjawab ‘Pikir sendiri!’. Meski mungkin kekesalan Anda disebabkan karena kesalahan pasangan yang sudah berulang kali dilakukan, tapi ia bukan peramal yang bisa membaca pikiran Anda. Kalau Anda ingin perubahan, maka pastikan untuk selalu mengkomunikasikan semuanya dengan jelas. Jangan berharap pasangan bisa tahu apa yang Anda pikirkan tanpa memberitahunya.

4. Gara-gara kamu, sih!

Saat Anda sudah merencanakan liburan di akhir pekan, tiba-tiba pasangan ingin buang air besar sesaat sebelum berangkat. Meski hanya selisih 10 menit, ternyata hal tersebut membuat Anda berdua ketinggalan kereta. Meski kecewa, cobalah untuk tidak menyalahkan pasangan akan keadaan tersebut. Siapa juga yang bisa menebak kapan perut berulah dan ingin mengeluarkan isinya? Daripada menyalahkan pasangan dan kemudian bertengkar, lebih baik cari alternatif kendaraan lain yang membuat Anda tetap bisa melaksanakan liburan seperti rencana.

Hal-hal kecil seperti itu ternyata bisa membuat pertengkaran semakin memanas. Maka dari itu, mulai saat ini cobalah untuk menggunakan kata-kata yang positif dan pastikan tidak ada yang menyinggung pasangan. Hubungan yang tidak terlalu banyak diwarnai pertengkaran tentu juga akan membuat Anda lebih bahagia!

1 comment on “4 Kata Yang Tidak Akan Pernah Menghentikan Pertengkaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *