Sebelum Menikah, Pastikan Hal-Hal Berikut Ini Sudah Anda Diskusikan Dengan Pasangan

Di masa pacaran, Anda mungkin membayangkan pernikahan adalah suatu hal yang sangat menyenangkan dan penuh kebahagiaan. Well, hal tersebut memang benar. Tapi ada hal yang Anda lupakan, bahwa pernikahan juga berarti permasalahan dan konflik baru. Meski sudah lama pacaran, menyatukan dua kepala dalam ikatan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Anda akan kaget mengetahui bahwa ternyata masih ada sisi tersembunyi dari pasangan yang belum terungkap selama masa pacaran.

Untuk menghindari timbulnya konflik usah menikah, ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda bicarakan dengan pasangan seperti berikut ini:

Tentang anak

Akuilah, di masa modern seperti saat ini tidak semua pasangan menikah ingin langsung punya anak. Ada yang baru ingin punya anak 3 tahun setelah menikah, 5 tahun setelah menikah, atau bahkan belum terpikir untuk punya anak. Ada pula yang hanya ingin memiliki 1 anak, 2 anak, dan lebih dari 5 anak. Ketidasepakatan akan hal ini bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menikah pastikan Anda sudah menemukan kata sepakat mengenai hal ini.

Tentang hubungan dengan mertua

Akan tinggal di mana Anda setelah menikah? Di rumah sendiri, bersama orang tua, atau menumpang di mertua? Kalau memilih tinggal sendiri, seberapa sering Anda harus mengunjungi rumah orang tua dan mertua? Untuk waktu berapa lama? Semua pertanyaan ini mungkin terkesan sepele. Anda pun mungkin berpikir, ah tidak masalah kok walaupun harus sering berkunjung ke rumah mertua. Tapi hal ini akan jadi berbeda setelah sudah menikah. Ada banyak hal yang lebih jadi prioritas dan mungkin juga muncul masalah baru antara Anda dan mertua yang tidak terlihat sebelum menikah.

Tentang pekerjaan rumah

Ini bukan lagi zamannya wanita harus selalu mengerjakan semua pekerjaan rumah. Terlebih lagi istri merupakan seorang wanita karier, tentu tak adil membebankan semua pekerjaan rumah kepadanya. Sebelum menikah, harus dibagi dengan jelas pekerjaan apa yang dilakukan suami dan istri. Jika istri memasak dan membersihkan rumah pada saat weekdays, tak ada salahnya suami yang menggantikannya di akhir pekan. Jika biasanya istri yang berbelanja kebutuhan bulanan, mungkin kali ini pekerjaan tersebut bisa diserahkan kepada suami.

Tentang keuangan

Apabila Anda dan pasangan sama-sama bekerja, putuskan gaji siapa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan gaji siapa yang dipakai untuk bersenang-senang atau ditabung. Putuskan juga berapa besar uang yang harus diberikan kepada orang tua dan mertua setiap bulannya. Kalau salah satu di antara Anda tidak bekerja, perjelas berapa persen uang yang harus dipegang istri dan suami. Masalah uang bisa jadi sangat sensitif saat Anda sudah berumah tangga.

Tentang privasi

Menikah bukan berarti Anda harus kehilangan privasi. Setiap orang tentu berhak untuk memiliki waktu pribadi terlepas dari pasangannya. Anda perlu memutuskan, seberapa sering setiap orang mendapat waktu untuk refreshing?

Kalau semuanya sudah dibicarakan dan disepakati di awal, pernikahan akan berjalan lebih lancar tanpa ada perdebatan di kemudian hari.

1 comment on “Sebelum Menikah, Pastikan Hal-Hal Berikut Ini Sudah Anda Diskusikan Dengan Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *