Tips-Jualan-Online

4 Tips Jualan Online Laris Manis

Trend jualan sudah berubah, sekarang jalannya online. Orang-orang lebih suka belanja tanpa keluar rumah apalagi kaum emak. Nah, buat kamu yang punya produk dan ingin sukses jualan online, ada lho tips jitu agar jualanmu laris manis. Baca sampai selesai yach.

1. Tentukan Target Market

target-market

Kamu jualan apa? Skincare misalnya, nah biasanya siapa yang suka beli skincare? Remaja dan dewasa bukan? Biasanya anak SMA sudah mulai mencari skincare yang cocok untuk kulitnya. Sehingga kamu harus cari tahu permasalahan kulit yang sering dialami oleh remaja.

Dekati mereka lewat akun facebook agar mereka akrab dan mengetahui jualanmu. Kemudian, share hal-hal yang disukai oleh para remaja agar mereka dengan suka rela like, komen, dan share postingan-mu. Dengan mereka share, akunmu akan dilihat oleh temam-temannya.

2. Pilih Media Sosial yang Tepat

Media-sosial

Jika target marketmu mayoritas adalah kaum milenials, sebaiknya kamu mulai melirik aplikasi instagram. Karena saat ini banyak orang menggunakan instagram untuk sarana aktualisasi diri. Dan jangan lupa lakukan follow unfollow agar akunmu banyak dikenal. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan tools optimasi instagram yang banyak dijual saat ini.

Bisa juga menggunakan jasa paid promote yaitu orang yang memiliki jumlah follower banyak dan membuka jasa untuk promosikan dagangan di instagram miliknya. Cara ini biasa efektif agar produkmu semakin dikenal milenials. Ada juga yang jual follower, tapi untuk yang ini lebih baik dihindari karena akun yang memfollow tidak terkontrol apakah itu akun aktif atau fiktif.

3. Foto Produk Eye Chatching

Foto-produk

Di manapun kamu jualan, mau di facebook, instagram, atau marketplace, yang pertama kali dilihat customer adalah foto produk. Misalnya saja, sebagus apapun baju jika hanya difoto tanpa model, pasti kurang menarik. Orang tidak akan punya gambaran tentang baju itu cocok dipakai oleh siapa, apakah orang kurus, gemuk, pendek, tinggi, tua, atau muda.

Selain itu spesifikasi baju seperti bahan dan ukuran lingkar dada sebaiknya dicantumkan di foto agar orang bisa cepat memutuskan apakah baju tersebut layak untuknya atau tidak.

Contoh lain yang sering kita jumpai ialah makanan atau minuman, siapa sih ga butuh? Kita butuh makan minum untuk melangsungkan hidup, mengisi tenaga agar dapat beraktifitas dengan baik. Namun, seringkali kita bertanya “enaknya makan apa ya?” atau untuk sedekar mencari cemilan sebagai pelengkap kumpul kerabat atau sahabat.

Nah, bagi kamu yang jualan makanan, sering-sering deh foto hasil masakan ke sosmed. Yang jualan kue coklat, tunjukkan lelehan coklatnya. Jualan nasi bakar, foto saat baru matang, ambil dengan sedikit sendok untuk memperlihatkan komposisinya, seperti ada potongan ayam, cabe, dan lainnya. Jangan lupa foto kemasannya yang safe untuk dibawa kurir.

4. Konsisten Posting

Postingan

Tanpa konsistensi, orang mungkin akan bertanya “ini akun masih jualan ga ya kok sudah lama ga posting”. Selain itu, jika lama tidak ada interaksi, biasanya akun kita tidak eksis di dunia maya. Beberapa market place juga ada yang secara otomatis menghapus produk yang sudah lama tidak dilakukan editing oleh pemilik akunnya.

Tapi, jangan karena rajin posting kemudian yang diupload hanya foto jualan saja. Sekali-kali biarkan foto yang berisi tentang quote, lelucon, atau info yang bermanfaat sehingga akunmu tidak sepi pengunjung.

Terlebih jika kamu melakukan branding di facebook atau instagram. Konten menarik harus dipertahankan agar orang tidak bosan melihat dagangan melulu.

Sekarang waktunya kamu mencoba 4 tips di atas. Siap-siap dengan pengunjung akun sosmedmu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *