6 Tempat di Dunia yang Miliki Gravitasi Sangat Rendah

Mungkin dari total keseluruhan tempat di bumi, mungkin hanya seperempat atau setengahnya saja yang pernah dijelajahi manusia. Dari tempat-tempat yang pernah dikunjungi manusia tersebut, ada beberapa di antaranya yang masih menyimpan misteri dan belum sepenuhnya terpecahkan sampai sekarang. Salah satu contohnya adalah tempat dengan gaya gravitasi yang sangat rendah.

Nah, berikut ini adalah beberapa tempat di bumi dengan tingkat gravitasi yang rendah dibandingkan dengan tempat lainnya.

Mystery Spot, Santa Cruz, California

Mystery Spot yang terletak di Santa Cruz, California, Amerika Serikat ini adalah sebuah tempat yang cukup unik karena tingkat gravitasinya cukup aneh. Tempat yang pertama kali ditemukan pada tahun 1939 oleh sejumlah surveyor dan kemudian dibuka untuk umum oleh George Prather pada tahun 1940 tersebut dipercaya memiliki tingkat gravitasi rendah yang kabarnya mampu membuat air jatuh ke atas atau bahkan Anda dapat berdiri dengan kemiringan tertentu tanpa harus takut terjatuh.

St. Ignace Mistery Spot, Michigan

Satu lagi tempat di Amerika Serikat yang mirip dengan yang terletak di Santa Cruz tersebut yaitu tepatnya ada di Michigan. Awalnya, ada sejumlah peneliti yang datang ke tempat tersebut pada tahun 1950-an dan mendapati ada sebuah area seluas 300 kaki atau 91,64 meter persegi yang memiliki daya gravitasi nyaris 0. Dikatakan begitu karena Anda dapat berdiri dengan kemiringan ekstrem, namun tetap saja tidak dapat membuat Anda terjatuh. Bahkan Anda juga dapat meletakkan sebuah kursi di dinding tanpa takut benda itu jatuh.

Spook Hill, Florida

Spook Hill yang terletak di Florida ini juga memiliki tingkat gravitasi rendah. Hanya saja, tingkatannya tidak serendah 2 tempat di atas. Namun ketika Anda naik kendaraan dan menormalkan gigi persneling, maka kendaraan yang Anda naiki tersebut tidak akan mundur walaupun dalam posisi yang menanjak. Bahkan seperti ada dorongan di mana kendaraan Anda tersebut akan maju secara perlahan menuju puncak bukit.

Magnetic Hill, Leh

Magnetic Hill adalah suatu tempat yang terletak 30 kilometer dari Leh, Ladakh atau suatu daerah yang terletak di antara Kashmir dan Jammu, India memiliki tingkat gravitasi dan keanehan yang sama seperti di Spook Hill, Florida. Bahkan jika kendaraan Anda dalam posisi menanjak dan dinetralkan, maka seperti ada dorongan kencang sampai dengan 20 km/jam menuju puncak.

Tulsishyam, Gujarat

Sama seperti yang terjadi di Leh, ada satu tempat lain di India, tepatnya di Gujarat yang dinamakan Tulsishyam memiliki tingkat gravitasi rendah. Seperti halnya di Magnetic Hill atau juga di Spook Hill, ketika Anda memarkirkan kendaraan dan menetralkannya, maka kendaraan Anda tersebut akan dapat berjalan sendiri menuju puncak. Banyak orang di sekitar tempat tersebut menyebutkan bahwa daerah di Tulsishyam berhantu karena mampu membuat benda-benda bergerak sendiri.

Oregon Vortex – Gold Hill, Oregon

Sejak tahun 1930-an, Oregon Vortex – Gold Hill di Oregon ini sudah sangat terkenal. Banyak orang datang ke sini untuk hanya sekadar membuktikan benar atau tidaknya bahwa tempat tersebut anti-gravitasi atau untuk penelitian. Menurut orang-orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut, ketika Anda membiarkan tongkat pada suatu tempat, maka tongkat tersebut akan dapat berdiri sendiri. Bahkan ada rumor bahwa jika terlalu lama berada di tempat ini, maka dapat mengubah struktur molekul tubuh karena tingkat gravitasinya cukup aneh.

Jika di India dan Amerika Serikat ada tempat-tempat yang bergravitasi rendah, kira-kira di Indonesia ada juga tidak, ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *