Belum Pernah Naik Pesawat? Tenang, Ikuti Langkah-langkah Singkat Berikut Ini

Walaupun dapat dikatakan bukan lagi menjadi sebuah transportasi umum yang hanya didominasi oleh orang-orang kaya saja, namun pada kenyataannya, masih ada banyak orang di Tanah Air yang belum pernah naik pesawat terbang.

Tentunya menjadi satu hal yang merepotkan dan membingungkan bagi seseorang yang baru pertama kali naik pesawat terbang, bukan? Nah, tips-tips di bawah ini adalah panduan umum yang patut diingat dan dapat digunakan oleh orang-orang yang pertama kali naik pesawat terbang menuju suatu daerah.

Barang

Memang setiap armada menyediakan bagasi untuk menampung barang bawaan dalam jumlah besar. Namun bagi Anda yang hanya membawa perbekalan sedikit saja dan dapat dibawa sendiri, maka ada baiknya barang-barang tersebut tetap Anda bawa sendiri dan dimasukkan ke dalam kabin yang terletak di atas bangku penumpang.

Hanya saja, ada peraturan berbeda-beda dari setiap armada untuk penempatan barang di kabin. Pada umumnya, barang yang dapat dibawa di kabin tidak lebih dari 7-10 kilogram beratnya dan berukuran yang tidak terlalu besar (sekitar 56 x 36 x 23 cm). Jadi, jika ingin bepergian menggunakan pesawat terbang, maka bawalah barang-barang yang sekiranya penting saja agar tidak harus disimpan dibagasi yang mana Anda juga masih harus membayar biaya tambahan untuk penyimpanan itu.

Baca juga: Mandu, Kota Kecil di India yang Menjadi Pusat Peradaban Muslim

Waktu

Disarankan untuk datang lebih awal dari waktu pemberangkatan pesawat. Akan menjadi satu hal yang sangat merepotkan jika Anda datang dengan waktu yang sangat mepet dari waktu take-off pesawat. Jadi usahakan untuk datang satu atau dua jama lebih awal. Perkirakan pula berapa waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai bandara dari rumah, termasuk perkiraan kepadatan lalu lintas dan juga kendaraan yang Anda gunakan untuk menuju bandara.

Tiket

Rata-rata tiket dikirimkan melalui email setelah melakukan pembelian, walaupun ada pula yang dalam bentuk fisik. Namun khususnya yang dikirimkan via email, maka disarankan bagi Anda untuk mencetaknya terlebih dahulu dalam bentuk fisik karena selain dapat digunakan sebagai bukti. Akan menjadi satu hal yang merepotkan ketika Anda ingin menunjukkan bukti pembelian dan penerimaan via email, ternyata perangka yang Anda gunakan error atau kehabisan baterai.

Tempat

Satu hal ini adalah yang paling urgent. Sebelum Anda mulai berangkat dari rumah menuju bandara, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu terminal mana yang akan Anda tuju. Pasalnya, ada banyak terminal yang berada di dalam bandara. Jangan sampai Anda salah masuk terminal dan membuat Anda tertinggal pesawat. Ditambah lagi, untuk mencapai satu terminal terminal lain, dibutukan waktu yang cukup lama karena jaraknya yang berjauhan. Maka ketika sudah berada di depan bandara, lihat dahulu terminal mana yang ingin Anda tuju sesuai dengan yang tertera di tiket. Anda juga dapat meminta bantuan petugas setempat untuk inforasi selengkapnya.

Selain masalah terminal, Anda juga tidak boleh salah ketika akan melakukan check-in untuk mendapatkan boarding pass. Di semua bandara, tentunya akan berderet banyak loket dari berbagai armada. Untuk itu, periksa dahulu armada mana yang Anda gunakan sesuai dengan tiket. Setelah itu cari Gate keberangkatan sesuai dengan yang tertera pada boarding pass.

Take off

Setelah waktu pemberangkatan tiba, Anda dapat memasuki gate yang ditentukan dan mulai menaiki pesawat. Anda dapat meminta bantuan pramugari atau pramugara untuk menunjukkan tempat duduk sesuai dengan yang tertera pada boarding pass.

Nah, mudah bukan? Pada intinya, Anda harus tenang dan tidak panik walaupun belum pernah sama sekali naik pesawat.  

1 comment on “Belum Pernah Naik Pesawat? Tenang, Ikuti Langkah-langkah Singkat Berikut Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *