Korea Selatan Ciptakan Tempat Khusus untuk Perkenalkan Destinasi Wisata Mereka dengan Balutan Teknologi Terkini

Mungkin adalah sesuatu yang benar-benar baru terjadi di dunia di mana untuk mempublikasikan destinasi wisata serta apapun yang terkait dengan negara yang bersangkutan, diciptakan sebuah Hub khusus atau wadah tersendiri untuk para turis yang datang. Hal tersebut dapat ditemui di Korea Selatan, tepatnya di daerah Jung-gu.

Pusat informasi wisata yang cukup sering didatangi oleh turis atau Korea Tourism Organization di Jung-gu kini telah mempersolek diri menjadi sebuah Hub khusus yang dinamakan K-Style Hub. Untuk menjadikannya, pihak Korea Tourism Organization mengikutsertakan unsur teknologi terkini yang dipadu dengan sisi tradisional di dalamnya.

Di dalam bangunan baru tersebut, para pengunjung, pelancong atau turis dapat secara virtual bertemu dengan para bintang K-pop, mengenakan pakaian tradisional Korea hanbok, membuat handicraft tradisional yang lengkap dengan panduannya, mempelajari dan membuat masakan lokal sampai dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Pada lantai bawah, pihak Korea Tourism Organization tidak terlalu banyak melakukan perubahan. Namun ketika naik ke tingkat dua, terdapat layar yang disusun dari 12 panel interaktif yang mana dapat dipergunakan untuk menampilkan peta Korea secara virtual.

Bahkan pengunjung dapat memilih menampilkan tempat-tempat tertentu yang ada di Korea dan melihatnya dengan tampilan 360 derajat. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangannya lebih menarik lagi dengan menggunakan google 3D.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa pengunjung dapat bertemu dan melakukan meet and greet dengan K-pop idolanya secara virtual di K-Style Hub ini. Walaupun tidak dapat melakukan komunikasi, namun para pengunjung dapat berfoto bersama dengan para kelompok boyband K-pop seperti BigBang, 2NE1dan Psy secara langsung.

Untuk melakukannya, pengunjung hanya perlu menekan tombol “Star Window” untuk memilih bintang atau kelompok K-pop mana yang diinginkan dan kemudian pilih “Star Photo” untuk memulai pemotretan, termasuk mengatur ketinggian dan besar kecilnya ukuran para bintang tersebut.

Di bagian lain, seperti halnya untuk melihat peta Korea, para pengunjung juga dapat melihat beragam makanan tradisional Korea, mulai dari bahan-bahan yang digunakan sampai dengan bentuk makanan aslinya ketika memasuki lantai tiga. Untuk menampilkannya, pengelola K-Style Hub tersebut juga menggunakan layar panel interaktif.

Jika para pengunjung ingin mencoba pakaian tradisional Korea atau hanbok, maka pengelola tempat ini juga menyediakan ruangan khusus untuk hal tersebut. Para pengunjung dapat mencoba pakaian-pakaian tradisional dengan beragam warna dan ukuran. Semua pakaian tersebut dapat dicoba dan dikenakan secara gratis. Hanya saja, pakaian-pakaian tersebut tidak dapat dibawa pulang atau keluar dari ruangan itu.

Di Korea Selatan, tempat-tempat untuk perawatan kulit dan kecantikan adalah salah satu hal yang paling sering didatangi oleh mayoritas masyarakatnya, terutama para kawula muda. Di K-Style Hub ini, para pengunjung memang tidak diberikan emulsi atau masker khusus untuk perawatan kulit atau sejenisnya, melainkan mendapatkan tawaran berupa analisis komposisi kulit dan warnanya, termasuk untuk mengetahui tingkat kekenyalan dan kesehatan kulit.

Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh para pakar perawatan kulit dan juga pakar kecantikan yang dapat memberikan penjelasan, informasi dan rekomendasi terkait dengan apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dikonsumsi atau tidak boleh dikonsumsi agar kulit tetap cerah dan sehat.

Ketika akan keluar dari K-Style Hub ini dan jika ingin membeli oleh-oleh atau suvenir, pengelola tempat tersebut juga menyediakan tempat khusus yang berfungsi untuk menjual beragam oleh-oleh dan suvenir. Tempatnya ada di sebelah ruangan untuk mencoba pakaian tradisional Korea tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *