Cara Menjawab Pertanyaan Sulit Saat Lebaran

Sebentar lagi bulan Ramadan selesai dan dalam hitungan hari kita semua akan menyambut hari raya Idul Fitri. Setiap kali lebaran identik ada tradisi khas Indonesia seperti mudik, silaturahmi atau berkumpul dengan keluarga, dan juga saling memaafkan dengan para tetangga, keluarga jauh, teman, dan sebagainya.

Setiap pertemuan keluarga, Anda akan bertemu dengan saudara dan kerabat. Pada saat seperti ini biasanya muncul pertanyaan-pertanyaan yang cukup personal yang sebenarnya ditujukan dengan menyambung silaturahmi. Namun bagi kita yang mendengar seakan menjadi sesuatu yang mengganggu.

Pertanyaan itu mulai dari kondisi karier, status, hingga rencana kehidupan ke depan, merupakan pertanyaan yang sulit dijawab. Di sini Anda akan mendapatkan kiat-kiat tentang bagaimana Anda dapat merespons pertanyaan-pertanyaan tersebut dan membangun percakapan yang lebih menarik dalam momen spesial ini.

Sudah mendapatkan pekerjaan?

Anda tentunya tahu tradisi salam tempel merupakan salah satu ciri khas dari perayaan Idul Fitri. Sebagian keluarga tentu ingin mengetahui apakah Anda masih pantas untuk menerima amplop yang sebenarnya diperuntukkan kepada anak-anak dan orang yang belum bekerja.

Keluarga Anda sebenarnya sangat peduli dan secara tulus ingin mengetahui kemajuan dan pengembangan karier Anda. Jadi jelaskan dengan kata-kata yang sederhana namun mudah diingat. Seperti ketika Anda sedang berencanakan membangun usaha, sampaikan dengan baik, mungkin hal itu akan mendorong keluarga Anda untuk membantu Anda.

Baca juga: Sebelum Menikah, Pastikan Hal Sudah Anda Diskusikan dengan Pasangan

Mengapa Tidak Mencari Pekerjaan Lain?

Generasi tua tidak familier dengan profesi sekarang. Mungkin Anda adalah seorang freelance yang tidak ditemui di profesi pada waktu orang-orang yang menanyakan hal itu masih muda. Oleh karenanya Anda harus memberikan pemahaman yang lebih mudah untuk mereka. Sehingga Anda mendapatkan dukungan dari para keluarga Anda tersebut.

Seberapa provokatif pertanyaannya, mulailah dengan menyampaikan alasan mengapa memilih pekerjaan yang Anda jalani sekarang. Serta mengapa Anda menyukai apa yang Anda lakukan. Jika Anda seorang freelancer, bantu mereka memahami misalnya, bahwa seorang freelance bisa menentukan sendiri apa yang diinginkan dan dikerjakannya dan tidak terbatas waktu. Apalagi seorang freelancer akan mempunyai lebih banyak waktu untuk keluarga dan bisa mengembangkan diri lebih jauh.

Dengan berbagai macam penjelasan tersebut tentunya keluarga Anda akan lebih memahami dan mendukung apapun yang Anda kerjakan. Tidak menutup kemungkinan keluarga Anda juga akan memberikan berbagai macam bantuan baik materiil maupun non materiil yang sangat Anda butuhkan. Jadi tidak perlu merasa rendah diri dengan berbagai macam pertanyaan yang akan Anda hadapi saat leberan seperti ini. justru ini bisa menjadi salah satu jalan untuk Anda bisa lebih maju dan berkembang.

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini memang sangat sulit untuk dijawab ketika Anda berada dalam kondisi yang tertekan. Namun sebaliknya, Anda ternyata bisa mendapatkan kemudahan yang lebih baik dari berbagai macam agenda silaturahmi. Bukankah silaturahmi bisa menambah umur dan rezeki seseorang. Jika Anda berada pada kondisi tersebut yakinlah untuk tenang dan memberikan jawaban mudah.

Lebaran adalah sebuah momen penting untuk Anda dan keluarga Anda saling berbagi informasi tentang kemajuan diri Anda. Di saat itu bukanlah menjadi sebuah momen yang menekan Anda. Sebagai seorang yang mempunyai prinsip tentunya Anda harus jujur dengan kondisi diri Anda dan memberikan inspirasi kepada orang-orang di sekitar Anda. Dengan demikian Anda akan bisa mengubah paradigma yang sebenarnya hanya menjadi ketakutan Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *