Inilah Beberapa Hal Yang Seharusnya Dilakukan Guru Didalam Mendidik Muridnya

Seringnya kita mendengar dan melihat kabar jika adanya seorang siswa yang menjadi salah satu korban tindakan kekerasan dari wali kelasnya. Miris jika kita mendengar dan melihat berita seperti ini, dimana sosok guru yang seharusnya mendidik para muridnya malah melakukan sesuatu perbuatan yang jauh dari kata mendidik. Alasan yang biasanya diberikan oleh sang wali kelas hingga berbuat yang tidak sepatutnya pada anak didiknya itu adalah karena merasa kewalahan dengan korban. Wali kelas ini akan memberikan alasan jika dirinya sudah tidak sanggup untuk mengatasi sikap si korban yang sulit diatur dan sering melanggar peraturan.

Sang wali kelaspun menganggap jika apa yang dilakukannya itu adalah sebagai cara untuk mendidik anak muridnya itu agar mau merubah sikapnya. Lalu berhasilkah apa yang dilakukan oleh sang wali kelas merubah sikap anak muridnya itu? Kenyataannya yang ada untuk mempertanggungjawabkan perbuatan tidak terpujinya itu sang wali kelas harus masuk penjara. Dan yang lebih parahnya lagi adanya kasus dimana seorang guru yang dengan tega melakukan tindakan amoral kepada muridnya, dengan alasan si korban sering datang terlambat. Semua pihak yang ada di sekolah hampir tidak percaya dengan kejadian itu, pasalnya sang guru bejat itu terkenal sebagai sosok yang baik dan juga sabar. Atas kejadian itu orangtua korban pastinya tidak menerima dengan apa yang telah terjadi pada anaknya, sehingga akan melaporkan kejadian itu kepada pihak yang berwajib. Dan sang guru durjana pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya itu dengan menjalani hukuman penjara.

Apapun alasannya yang pasti tindakan tidak terpuji yang telah dilakukan oleh oknum guru itu adalah sesuatu yang melanggar hukum dan harus diberi sanksi hukuman. Sebagai pendidik seharusnya mereka itu mengerti tentang etika cara mendidik. Bagaimana pun kekerasan yang dilakukan guru didalam cara mendidik muridnya itu adalah tidak benar sama sekali dan tidak akan menyelesaikan masalah, dan bahkan hanya akan memperparah masalah. Lalu apa yang seharusnya dilakukan seorang guru didalam mendidik muridnya itu? Hal inilah yang seharusnya dilakukan guru didalam mendidik muridnya diantaranya yaitu :

  • Mendidik Tidak Harus Melakukan Kekerasan

Salah satu hal yang harus dimengerti seorang guru didalam mendidik muridnya adalah cara mendidik itu bukan dengan melakukan kekerasan. Bagi seorang guru, anak murid adalah amanah untuknya yang sudah seharusnyan dijaga bukan untuk disakiti. Jika guru merasa tersinggung dengan sikap atau perbuatan salah seorang anak didiknya, maka sebaiknya diselesaikan dengan cara yang baik baik saja.

  • Harus Mengerti Etika Pendidikan

Etika pendidikan haruslah dimengerti oleh setiap guru, tugas guru ini tidak hanya seperti “Mengisi Bak Yang Kosong Saja” karena para oknum guru ini juga harus membentuk kepribadian anak didiknya agar lebih baik lagi. Bagaimana seorang guru itu akan dapat membentuk kepribadian yang baik anak muridnya, jika mereka saja tidak mempunyai kepribadian yang baik.

Itulah beberapa hal yang seharusnya dilakukan guru didalam mendidik muridnya. Selain itu guru juga harus menjadikan setiap anak didiknya itu sebagai aset yang harus dilindunginya. Dan jika terjadinya sebuah masalah antara murid dan guru itu maka sebaiknya diselesaikan secara baik baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *