10 Inspirasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Advertisements

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah Dibuat, Simak di Sini!

Kerajinan tangan merupakah suatu bentuk kreatifitas yang mudah untuk dibuat. Ketika kita memiliki waktu luang, banyak dari kita yang bingung harus melakukan apa selain pergi tidur dan berselancar di media sosial. Namun, terlalu banyak pilihan aktivitas juga membuat pikiran pusing.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengutak-atik produk bekas. Nah, berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu jadikan ide bisnis yang menarik.

1. Membuat Lampu dari Sendok

Sumber: Rukita

Jika di rumah Anda banyak sendok plastik yang sudah tidak terpakai lagi, jangan segera membuang sendok plastik tersebut. Karena dengan sendok plastik ini Anda masih bisa membuat lampu yang sangat estetis dan memiliki bukan nilai tambah artistiknya.

Alih-alih membuangnya, lebih baik ubah sendok plastik menjadi kerajinan bekas berupa lampu sendok. Juga, jika ada yang tertarik, Anda bisa menjual lampu tersebut.

2. Mengubah Sarung Tangan Menjadi Boneka

Sumber: Fachri Blog

Jika sarung tangan rajutan Anda robek sedikit, jangan dibuang, Anda masih bisa menggunakan sarung tangan ini untuk membuat boneka kecil yang menarik. Hanya membutuhkan aksesoris lain seperti kapuk untuk dimasukkan ke dalam boneka, Anda dapat menyesuaikan bentuk boneka yang Anda inginkan, seperti boneka beruang atau boneka lainnya.

3. Vas Bola lampu

Sumber: Tokopedia

Gunakan bola lampu Anda yang tidak terpakai dengan baik. Anda bisa membuat barang bekas ini menjadi vas yang unik dan cantik. 

Nantinya Anda bisa menempatkan vas bunga ini sebagai pajangan yang menarik di kamar tidur atau ruang tamu Anda. 

4. Mendaur Ulang Botol Bekas

Sumber: Liputan6.com

Saat ini banyak sekali produk daur ulang dari botol bekas, baik itu botol kaca maupun botol plastik. Anda dapat membuat bus bunga dengan menambahkan warna untuk menghias botol atau menggunakan botol plastik bekas Anda untuk membuat dompet lucu. 

Anda juga bisa mengubah botol bekas menjadi pot bunga yang cantik, Anda bisa mengajak anak Anda ke dalamnya. Caranya juga sangat sederhana, potong dua bagian botol secara mendatar, lalu ambil bagian bawahnya untuk dijadikan pot bunga, lalu bentuk botolnya sesuai selera dan kreativitas Anda, lalu warnai botolnya dengan cat, untuk membuatnya tampil cantik.

Baca juga: REKOMENDASI TEMPAT THRIFTING DI BANDUNG TERKENAL YANG LAYAK DIKUNJUNGI

5. Membuat Bunga dari Kertas atau Sedotan

Sumber: Youtube

Sedotan kering atau kertas kering, Anda bisa membuat kerajinan dari barang bekas berupa bunga cantik. Selain proses pembuatannya yang sangat sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan. 

Advertisements

Selain itu, kertas bekas juga bisa digunakan sebagai paper quilling.

6. Mengubah Kaleng Menjadi Tempat Sendok

Sumber: Tabloid Nova

Anda bisa membuat sendok atau pulpen dari kaleng bekas. Caranya cukup sederhana, cukup hiasi kaleng dengan kaleng atau hiasan lainnya sesuai selera.

Untuk inspirasi, Anda dapat mencari di media sosial atau menelusuri web. 

7. Daur Ulang Tutup Botol

Sumber: Youtube

Jika Anda pernah mendaur ulang botol bekas menjadi kerajinan dari produk bekas yang memiliki nilai eceran tinggi, kini Anda bisa menggunakan tutup botol. Dengan pemrosesan yang terampil, Anda dapat mengubah tutup botol menjadi jam dinding, tempat sampah, atau hiasan cermin yang menarik.

8. Daur Ulang Styrofoam untuk Papan Memo

Sumber: Glints

Jika Anda biasanya menggunakan styrofoam sebagai papan pesan atau untuk memajang foto, catatan, atau kenang-kenangan lainnya, kini Anda dapat mendaur ulangnya menjadi bentuk yang lebih keren lagi. Anda juga dapat menggunakan styrofoam yang digunakan untuk membeli barang elektronik Anda. 

9. Daur Ulang CD Bekas

Sumber: Dekoruma

Saat ini CD bukan lagi eranya, karena sekarang era streaming film sudah menyingsing. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa memanfaatkan CD bekas kamu dalam kerajinan yang menarik. 

Anda dapat menggunakan CD bekas ini untuk menghias barang-barang Anda di kamar Anda atau sebagai hiasan dinding yang indah.

10. Membuat Wadah Penyimpanan

Sumber: IDN Times

Beberapa bahan yang paling sering digunakan sebagai alat kerajinan bekas adalah majalah dan kardus. Anda bisa menggunakan kedua bahan ini sebagai wadah penyimpanan yang cukup unik.

Baca juga: 5 LAGU ANIME YANG VIRAL DI TIKTOK HINGGA INSTAGRAM

Sumber: https://tipscantikan.com/

Advertisements
Zumi Ananda

Recent Posts

Fashion Skena Anak Jaksel: Trendi, Nyaman, dan Unik

Anak Jaksel terkenal dengan gaya hidup yang trendi dan stylish. Hal ini tercermin dalam fashion…

2 weeks ago

10 Cara Mengatasi Anak Tantrum, Berikan Pujian

Tantrum anak merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi para orang tua. Tantrum bisa terjadi kapan…

2 weeks ago

7 Tips Kepala Sering Pusing, Kelola Stress!

Kepala sering pusing atau sering disebut sebagai sakit kepala adalah masalah umum yang dapat memengaruhi…

4 weeks ago

6 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Booting

Menghadapi laptop yang tidak bisa booting bisa menjadi pengalaman yang menantang. Namun, ada beberapa langkah…

4 weeks ago

Perbedaan Prosesor i3 i5 dan i7, Fitur Terbaik

Memilih laptop yang tepat bisa menjadi rumit, terutama dalam memilih prosesor. Intel Core i3, i5,…

4 weeks ago

5 Rekomendasi Kuliner Bali, Sate Lilit hingga Babi Guling!

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, juga merupakan surga bagi para…

4 weeks ago