Tips-Mudik-Bersama-Si-Kecil

Tips Mudik Nyaman Bersama Si Kecil? Kamu Bisa Lakukan Ini

Mudik bersama si kecil memang susah-susah mudah. Jika Anda sebagai orang tua mengetahui caranya, maka mudik bersama si kecil bisa menjadi menyenangkan.

Mudik merupakan momen istimewa di hari lebaran, bahkan mudik dikatakan sebagai fenomena yang selalu ada pada hari besar umat Islam ini. Bagi perantau mudik sebagai ajang kumpul bersama keluarga besar di kampung. Apalagi mudik bersama keluarga.

Namun, bagaimana mudik yang nyaman bersama si kecil, apalagi masih balita? Pastinya banyak persiapan agar si kecil nyaman selama perjalanan. Berikut tips mudik yang nyaman bersama si kecil menaiki kendaraan pribadi.

1. Sediakan camilan buat si kecil

Ketika berangkat, sediakan cemilan buat si kecil kesukaannya. Karena ketika dia mulai lapar, cemilan bisa sebagai pengganjal perut sementara sampai waktu makan besar tiba. Selain itu bisa dijadikan sebagai pengalihan ketika dia rewel karena bosan di dalam kendaraan.

2. Jangan lupa mainan kesukaan si kecil

Mainan-balita

Ketika pemandangan selama perjalanan mudik mulai membosankan. Si kecil bisa menjadi rewel. Jika itu terjadi, maka mainan kesukaan si kecil bisa mengalihkan dia. Bawa secukupnya saja yang terpenting itu adalah mainan kesukaan si kecil.

3. Bawa buku mewarnai dan krayon

Mewarnai

Mungkin juga mainan yang dibawa, lama kelamaan akan membuat si kecil mulai bosan. Maka Anda bisa gunakan mainan lain. Contohnya buku mewarnai dan krayon. Selama mudik bisa menjadi ajang pembelajaran bagi si kecil tentang mewarnai.

4. Batasi barang bawaan

Batasi-barang-bawaan

Ketika mudik bersama si kecil, membawa barang begitu banyak bisa merepotkan selama perjalanan. Cukup bawa kebutuhan si kecil dan lainnya selama perjalanan. Jika membawa kendaraan pribadi mungkin bisa dibawa semua. Namun akan merepotkan jika menaiki kendaraan umum. Jadi batasi barang bawaan, sedangkan barang lainnya bisa Anda paketkan.

5. Bawa perlengkapan tidur

Perlengkapan-tidur-balita

Untuk yang ini perlu dibawa, apalagi ada perlengkapan tidur kesukaan si kecil. Pastikan jangan sampai lupa, jika tidak maka si kecil tidak bisa tidur atau rewel.

6. Bawa obat-obatan

Obat-obatan

Ini wajib dibawa jika si kecil mempunyai riwayat penyakit tertentu. Obat minyak angin dan anti mabuk harus disediakan apalagi perjalanan mudik berjam-jam. Oleskan minyak angin pada bagian perut, telapak tangan, telapak kaki, dan punggung si kecil setiap jam. Agar badannya terasa hangat.

7. Pilih waktu yang tepat

Pilih-jam-yang-tepat

Indonesia merupakan negara tropis, ketika musim kemarau maka udara panas bisa membuat si kecil rewel dan tidak nyaman. Jadi jika akan mudik Anda carilah waktu yang tepat, misalnya mudik di waktu sore atau malam hari. Pasalnya waktu tersebut udara tidak begitu panas. Apalagi kalau berangkat mudik malam hari, dipastikan jalan tidak terlalu macet. Jadi, Anda bisa sampai di tempat tujuan lebih cepat.

8. Pakai aplikasi Google map

Aplikasi-google-maps

Karena mudik dilakukan sebagian penduduk Indonesia, maka jalan raya akan semakin macet akibat banyaknya kendaraan yang mengantarkan perjalanan pemudik. Maka jika itu terjadi, Anda bisa menjadi jalan alternatif lain. Gunakan saja fitur google map.

Itulah tips yang bisa digunakan mudik yang nyaman bersama si kecil. Jaga kesehatan keluarga ketika akan melakukan mudik agar semua bisa berjalan lancar. Selamat mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *