Ini Dia Beberapa Cara Agar Bayi Tidak Mudah Sakit Dimusim Hujan

Memang gampang gampang susah untuk menjaga bayi agar tidak mudah sakit, karena adanya beberapa ibu yang sudah menjaga bayinya dengan sangat baik tetapi tetap saja bayinya itu terkena penyakit seperti demam, flu, dan juga batuk. Ketika bayi mulai menunjukkan tanda tanda akan sakit maka pastinya ibu akan merasa khawatir. Ada banyak faktor yang menyebabkan bayi terserang penyakit dan salah satunya adalah ketika musim hujan telah datang. Saat musim hujan telah datang penyakit yang biasa akan menyerang bayi adalah flu dan batuk. Oleh karena itulah ibu harus mencari tahu cara agar bayi tidak mudah sakit dimusim hujan.

Berikut beberapa cara agar bayi tidak mudah sakit dimusim hujan diantaranya yaitu :

  • Dengan Menjaga Kebersihan

Setiap ibu pastinya sudah mengetahui jika kuman, virus, dan kotoran itu ada dimana mana, oleh karena itulah menjaga kebersihan bayi sangatlah penting. Karena ketiga hal itu merupakan cikal bakal dari timbulnya suatu penyakit. Bayi ini belum mempunyai kemampuan untuk memerangi kuman karena belum sempurnanya sistem imun bayi.

Baca juga: Cara Ini Bikin Anda Bebas dari Pikun

  • Dengan Mengawasi Bayi

Ibu juga perlu mengawasi bayinya agar nantinya bayi tidak mudah sakit, terlebih jika bayi sudah bisa merangkak dan juga berjalan. Bayi yang sudah bisa merangkak dan berjalan ini jika menemukan sesuatu maka akan memasukkan apa yang ditemukannya itu kedalam mulutnya. Sesuatu yang bayi masukkan kedalam mulut itu kemungkinannya penuh dengan kuman, sehingga jika sesuatu itu telah masuk kedalam mulut bayi maka kuman kuman itu akan bisa masuk kedalam tubuh bayi dengan sangat mudah. Dan kuman kuman itu akan menginfeksi tubuh bayi yang sedang lemah.

  • Dengan Memenuhi Kebutuhan Cairan Yang Dibutuhkan Bayi

Setiap manusia termasuk bayi tubuhnya itu membutuhkan cairan, cairan didalam tubuh ini akan dapat menjaga proses yang terjadi didalam tubuh misalnya proses pencernaan, proses metabolisme, dan juga proses sirkulasi peredaran darah. Ketiga proses itu membutuhkan cairan yang cukup. Ketiga proses itu tidak akan dapat berjalan secara maksimal jika jumlah cairan didalam tubuh tidak terpenuhi. Jika badan kekurangan cairan maka akan menimbulkan efek dehidrasi. Dehidrasi ini tidak boleh disepelekan karena akan menyebabkan pusing, lemas dan juga badan tidak bertenaga, hal ini dikarenakan tidak lancarnya peredaran darah dan oksigen didalam tubuh.

  • Dengan Menggunakan Madu

Jika bayi sudah berumur lebih dari 2 tahun maka tidak ada salahnya untuk menjaga sistem imun tubuh dalam bayi, ibu memberikan madu kepadanya. Usahakan agar bayi mau mengkonsumsi madu ini setiap hari sehingga bayi tidak akan mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan adanya zat anti kuman dan zat anti virus didalam madu. Yang harus diperhatikan disini adalah ibu harus memberikan madu yang asli.

Itulah beberapa cara agar bayi tidak mudah sakit dimusim hujan. Dengan melakukan keempat cara diatas maka bayi akan kebal selama musim hujan sehingga para ibu tidak akan khawatir lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *